Mendagri Lantik Pj Gubernur Kaltara Hari Ini

SAMARINDA – Sesuai dengan surat Kementerian Dalam Negeri tertanggal 15 April 2013 yang ditandatangani  Dirjen Otda Kemendagri  Djohermansyah Djohan, peresmian daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Kalimantan Utara dan Kabupaten Mahakam Ulu sekaligus pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Kaltara dan Bupati Mahakam Ulu dilaksanakan pada hari ini, Senin (22/4).
Peresmian DOB dan pelantikan PJ Gubernur Provinsi Kaltara dan Pj Bupati Kabupaten Mahakam Ulu dilaksanakan bersama 10 DOB lainnya di Indonesia. Karean pada kesempatan tersebut akan dilaksanakan peresmian dan pelantikan  bagi 12 DOB sekaligus penjabatnya.  
Dalam surat tersebut diundang 10 gubernur dan 10 bupati sebagai daerah asal pemekaran (daerah induk) untuk menghadiri peresmian sekaligus pelantikan yang diselenggarakan di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jakarta.
Adapun 10 gubernur yang diundang yakni Gubernur Kaltim dan Sumatera Selatan serta Lampung, Jawa Barat dan Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Nusa tenggara Timur serta Papua Barat.
Sedang 10 bupati yang diundang  yakni Bupati Kutai Barat serta Bupati Lampung Barat dan Bupati Ciamis, Bupati Belu dan Bupati Mamuju, Bupati Banggai Kepulauan, Bupati Kolaka dan Bupati Kepualauan Sula serta Bupati Manokwari.
Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengemukakan dukungannya beserta seluruh jajaran Pemprov Kaltim dalam pembentukkan DOB  baik Kaltara maupun Mahakam Ulu terutama dalam upaya meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.
“Kita berharap agar setelah resmi terbentuk dan terpilihnya pimpinan baru bagi Kaltara maupun Mahakam Ulu, maka pelayanan dan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut dapat terwujud,” ujar Awang Faroek Ishak.
Diakuinya, walaupun selama beberapa tahun ini masih menjadi tanggungjawab Kaltim untuk memberikan dukungan pembiayaan maupun SDM dan pembangunan sarana dan prasarana pemerintahan.
Terkait Penjabat Gubernur Kaltara, Awang Faroek mengatakan pemilihan Pj Gubernur Kaltara, Kaltim hanya mengusulkan satu nama, yakni Dr H Irianto Lambrie yang kini menjabat Sekprov Kaltim.
Hal itu dilakukan, karena Irianto dinilai mengetahui persis kondisi daerah tersebut. Jika usul ini dipenuhi, tentu ini akan membantu perkembangan pembangunan pemerintahan di Kaltara. (yans/hmsprov).

///Foto : Irianto Lambrie  

Berita Terkait