Mendukung Pengembangan KIPI Maloy

Gubernur Tawarkan Investasi Pengelohan Air Bersih

SAMARINDA – Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak kembali menawarkan peluang investasi kepada pihak swasta khususnya pengelohan air bersih guna mendukung pengembangan dan kegiatan di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy Kutai Timur.

Menurut dia, ketersediaan air bersih atau air minum di KIPI Maloy harus dipersiapkan bahkkan dibangun sejak saat ini, sehingga ketika kawasan tersebut sudah mulai beroperasi maka kebutuhan dasar masyarakat itu sudah siap disitribusikan.

“Silahkan PT Indo Surya Abadi atau siapa saja kalau berminat bisa berinvestasi untuk pengolahan air bersih guna menutupi kebutuhan pekerja maupun industri di KIPI Maloy,” tawar Awang Faroek Ishak usai penandatanganan kerjasama pembangunan pembangkit listrik dan pembangunan jalan tol antara PT Indo Surya Abadi dengan Perusda milik Pemprov Kaltim, pekan lalu.

Bayangkan, hanya untuk KIPI Maloy minimal terdapat 15 ribu karyawan yang bekerja di seluruh perusahaan yang beroperasi di kawasan tersebut dan diperkirakan terus bertambah hingga 35.000 jiwa dalam waktu tujuh tahun berikutnya.

Jumlah ini ujarnya, belum ditambah dengan penduduk yang berdomisili di sekitar KIPI Maloy. Sehingga, pembangunan pabrik atau perusahaan pengolahan air bersih sudah menjadi wajib guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan perusahaan di kawasan tersebut.

Diakuinya, saat ini sudah beberapa perusahaan di berbagai sektor usaha dan pihak kementerian telah melakukan pembangunan serta pengembangan sebagai bagian dari proyek (program dan kegiatan) untuk percepatan pembangunan KIPI Maloy.

“Kami dan pemerintah daerah setempat telah memiliki lahan khususnya di kawasan Desa Sekerat Kecamatan  Bengalon yang dapat dikembangkan untuk pembangunan perusahaan pengolahan air minum yang nantinya didistribusikan ke KIPI Maloy,” jelasnya.

Ditambahkan, pembangunan perusahaan pengolahan air bersih sebagai bagian upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat selain ketersediaan energi listrik di KIPI Maloy yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan.(yans/es/hmsprov)

///FOTO : Gubernur Awang Faroek Ishak saat menyaksikan penandatangan kerjasama dua Perusda di Kaltim dengan PT Indo Surya Abadi.(johan/humasprov kaltim)

Berita Terkait