Menkes Puji Awang

* Resmikan Gedung Rawat Inap RSUD Kanujoso Djatiwibowo

 

BALIKPAPAN : Menteri Kesehatan  RI  Nafsiah Mboi memuji komitmen dan kebijakan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak di bidang kesehatan terutama dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan Gubernur Kaltim dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” kata Menkes Nafsiah pada peresmian Gedung Rawat Inap Anggrek Hitam RSUD Kanujoso Djatiwibowo di Balikpapan, Jumat (22/3).

Menkes mengatakan, program-program Pemprov Kaltim dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat menunjukkan kepedulian dan keberpihakan  Gubernur Kaltim pada rakyat, termasuk di antaranya peningkatan infrastruktur kesehatan seperti rumah sakit.

“Makanya saya mau kembali ke sini (Kaltim) untuk meresmikan gedung ini, padahal jarang saya dua kali kunjungan  ke provinsi yang sama,” ujarnya.

Upaya peningkatan derajat kesehatan menurut Menkes, saat ini dititik-beratkan pada upaya promotif, preventif dan kuratif. Karena itu, jajaran dinas kesehatan dan rumah sakit harus bekerjasama  bagaimana mencegah suatu penyakit tidak hanya mengobati atau menyembuhkan.

“Misalnya bagaimana mencegah masyarakat terhindar dari penyakit jantung atau stroke, karena penyakit ini bisa dicegah,” ucap Nafsiah.

Dia berpesan, kepada jajaran dokter yang bertugas di RSUD Kanujoso Djatiwibowo untuk memperhatikan kondisi masyarakat di sekitar , jangan sampai  terjebak rutinitas dalam rumah sakit.

“Jangan hanya terkungkung dalam tembok rumah sakit, masih banyak masyarakat  di luar yang membutuhkan pelayanan saudara,” katanya.

 Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengatakan Pemprov Kaltim akan fokus dan bekerja secara sungguh-sungguh dalam upaya peningkatan derajat kesahatan masyarakat. Selain sejalan dengan visi Kaltim Sehat 2013, hal itu adalah kebutuhan dasar masyarakat.

“Ini bukan retorika, kita akan   bekerja keras, bekerja cerdas dan bersungguh-sungguh dalam hal ini,” tegas gubernur.

Upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat,  menurut Gubernur Awang juga diwujudkan dengan pembangunan dan peningkatan infrastruktur kesehatan termasuk di antaranya pembangunan Gedung Rawat Inap Anggrek Hitam RSUD Kanujoso Djatiwibowo.

“Ini sebagai upaya peningkatan pelayanan sehingga bisa bersaing dengan RS di Jawa bahkan dengan Malaysia,” katanya.

Untuk mendekatkan pelayanan kesahatan, pada tahun ini Pemprov Kaltim  merencanakan membangun RS pratama terutama di wilayah pedalaman dan perbatasan Kaltim. “Tahun ini akan kita bangun lima RS, tahun selanjutnya lima lagi,” ucapnya.

 Direktur RSUD Kanujoso Djatiwibowo dr. Rahim Dinata, S.PB mengatakan Gedung Rawat Inap Anggrek Hitam dibangun secara bertahap sejak 2011 hingga rampung pada November 2012 lalu.

“Total dana pengerjaannya mencapai Rp 101,703 miliar,” ujarnya.

Gedung delapan lantai yang berdiri di atas lahan seluas 13.587 m2 itu mempunyai kapasitas 91 tempat tidur, selain itu juga dilengkapi sarana helipad. "Tahun ini akan kami lengkapi dengan peralatan dan mebelairnya," kata Rahim.

Hadir dalam peresmian, Ketua DPRD Kaltim Mukmin Faisyal, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Hj Encik Widyani, Asisten III Sekdaprov Kaltim H Sutarnyoto dan Kepala Biro Humas dan Protokol S Adiyat. (gie/hmsprov).

Foto: KUNJUNGAN KEDUA. Di sela peresmian Gedung Rawat Inap Anggrek Hitam RSUD Kanujoso Djatiwibowo, Menkes Nafsiah dan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan Kartu Jamkesprov kepada warga Balikpapan. (rosehan/humasprov kaltim).

Berita Terkait