Menkokesra dan Wagub Pantau Banjir di Long Kali

SAMARINDA - Menteri Kordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono  bersama  Wagub H Farid Wadjdy meninjau musibah banjir di Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser, Minggu (14/4).
"Sebenarnya Menko Kesra dan Wagub berencana datang langsung ke lokasi banjir, namun  karena cuaca buruk dan hujan deras sehingga helikopter  yang ditumpangi rombongan tidak dapat   mendarat di lokasi  sehingga hanya memantau dari udara saja," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kaltim Wahyu Widhi Heranata.
Dijelaskan, pada kesempatyan itu  Menko Kesra Agung Laksono memberikan apresiasi tinggi kepada jajaran BPBD Kaltim yang mampu bersinergi dengan Badan Penangulangan Bencana di daerah serta berbagai elemen masyarakat, baik TNI/Polri  juga Dinas Kesehatan maupun Dinas Sosial untuk memberikan pertolongan kepada para korban banjir dengan cepat.
Selanjutnya, dalam waktu segera tim dari Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB), BPBD Kaltim dan Kementrian Kesehatan akan turun ke lokasi banjir.
"Pada musibah banjir yang melanda Kecamatan Long Kali sejak pekan lalu hingga saat ini, dilaporkan ada satu korban  jiwa, yakni satu orang anak yang jatuh terpeleset, lalu dibawa arus deras banjir," jelasnya.
Dijelaskan, pada kesempatan itu secara simbolis Menko Kesra Agung Laksono juga  memberikan bantuan satu ton beras dan 50 dos mie instan untuk disalurkan kepada korban banjir.
Selain itu, bantuan logistik sebelumnya juga sudah datang  dari BPBD Kaltim dan Kabupaten Paser, Dinas Sosial Kaltim dan PMI, TNI/Polri serta bantuan pihak swasta .
"Informasi sementara yang kami terima hari ini (kemarin), banjir masih terjadi  di lima kecamatan yakni Batu Sopang, Muara Komam, Long Ikis, Long  Kali dan Paser Belengkong. Korban yang tempat tinggalnya terendam banjir mencapai 2.727 jiwa. Banjir juga merendam 17 sekolah dan delapan tempat ibadah. Dua pasar tradisional dan  794 hektare lahan pertanian juga dilintasi banjir," ungkap Wahyu Widhi. (sar/hmsprov).

///Foto : Menko Kesra Agung Laksono dan Wagub Farid Wadjdy saat menghadiri pelepasliaran orangutan sebelum melakukan peninjauan musibah banjir di Kabupaten Paser.(syaiful/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation