Menpan Puji Keberhasilan Reformasi Birokrasi di Kaltim

Menpan Puji Keberhasilan Reformasi Birokrasi di Kaltim

 

SAMARINDA - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB), Yudhi Chrisnandi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas capaian kinerja dan prestasi terkait Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP)  Kalim di bawah kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak. Yudhi bahkan menyebut, tidak banyak pemerintah daerah yang mampu mencapai nilai B (cukup baik) seperti yang diraih Pemprov Kaltim.

"Apresiasi setinggi-tingginya untuk Kalimantan Timur atas komitmen, kinerja dan capaian prestasi yang diraih dalam Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan angka 70,97. Jujur, angka itu sulit diraih, namun faktanya, Kaltim mampu mewujudkan dan tidak ada keraguan kami untuk itu," tegas Yudhi Chrisnandi saat memberi arahan pada pertemuan yang dihadiri Gubernur Awang Faroek Ishak dan para pimpinan satuan kerja perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim di Ruang Heart of Borneo, Kantor Gubernur, Selasa (20/1).

Menilik kesuksesan Kaltim dalam komitmen kuat melakukan reformasi birokrasi, Menteri Yudhi Chrisnandi menegaskan tidak sedikit pun ada kekhawatiran, bagaimana agenda reformasi birokrasi bekerja dalam sistem pemerintahan di Kaltim.

Berbagai indikator prestasi kinerja yang telah dicapai dan tercatat di Kementerian PAN dan RB, menurut dia  sudah cukup membuktikan komitmen dan capaian kinerja reformasi birokrasi telah dilakukan dengan sangat baik di daerah ini.

Hal lain yang juga menguatkan keyakinan menteri dari Partai Hanura tersebut adalah komitmen pakta integritas yang sudah dilakukan sebelumnya dan penandatanganan perjanjian kinerja antara gubernur dan para pimpinan organisasi pemerintahan daerah yang kemarin langsung dia saksikan. Semua itu lanjut Yudhi, membuktikan bahwa Kaltim telah memiliki roadmap yang jelas, iktikad dan komitmen yang jelas pula dari para aparatur pemerintahnya.

"Komitmen dan prestasi kerja yang ditunjukkan aparatur pemerintahan di Kalimantan Timur cukup memberi gambaran yang meyakinkan pemerintah pusat, bahwa penyelenggaraan pemerintahan di Provinsi Kalimantan Timur sudah berjalan dengan baik dan insyaallah akan senantiasa ditingkatkan," puji Yudhi Chrisnandi dengan penampilan yang sangat tenang. 

Dia berharap, komitmen dan prestasi ini  dapat diketuktularkan ke pemerintah kabupaten dan kota di Kaltim. Diyakininya, dibawah kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak dengan pengalaman,  kebijaksanaan dan wisdom yang dicontohkan, dirinya sangat yakin para bupati dan walikota dapat mengikuti keteladanan dan jejak langkah Gubernur Awang Faroek Ishak mencapai keberhasilan dalam akuntabilitas kinerja pemerintahan.

Lebih jauh Yudhi melihat keinginan besar Kalimantan Timur untuk melakukan penataan perubahan reformasi birokrasi menuju sistem penataan organisasi penyelenggaraan pemerintahan yang baik dengan memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya.

Pada kesempatan itu, Yudhi juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo kepada aparatur pemerintahan di daerah agar terus melakukan efisiensi dan meningkatkan  disiplin untuk pelayanan publik yang sebaik-baiknya.

Pesan Presiden lainnya agar pemerintahan daerah membuka one stop service agency, memangkas birokrasi, melakukan reformasi struktural dan melakukan pembersihan terhadap perilaku kurang terpuji.

"Pesan Presiden lainnya, jadilah teladan masyarakat yang baik, jadilah panutan masyarakat yang baik, layanilah rakyat dengan sepenuh hati dan kasih, dengan rasa cinta yang besar demi bumi pertiwi," kata Yudhi.

Sebelumnya, kepada Menpan dan RB Yudhi Chrisnandi, Gubernur Awang Faroek Ishak memaparkan tekad seluruh komponen arapatur daerah ini untuk mewujudkan Kalimantan Timur  sebagai Island of Integrity yang dibuktikan dengan pembentukan Tim Reformasi Birokrasi Pemerintah Provinsi Kaltim dan telah pula membuat roadmap 2014-2018 yang kemudian diperkuat lagi dengan Peraturan Gubernur Nomor 21 Tahun 2014.

"Alhamdulillah Pak Menteri, selama lima tahun berturut-turut Kalimantan Timur sukses menjadi yang terbaik secara nasional dalam Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Kemudian, dalam pengelolaan keuangan daerah, tahun lalu kami juga sukses mendapat opini BPK RI, Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP. Untuk urusan transparansi, Kalimantan Timur juga menjadi yang terbaik secara nasional," beber Awang, disambut aplaus Menteri Yudhi Chrisnandi dan hadirin lainnya. (sul/es/hmsprov).

 

Foto: Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yudhi Chrisnandi  (kemeja putih) bersama jajaran pimpinan SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim.  (fajar/humasprov).

 

Berita Terkait