Menteri PUPR Launching Sayembara IKN

Dialog Nasional Rancang Bangun dan Kesiapan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara (humasprovkaltim)

SAMARINDA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuat lomba atau sayembara gagasan desain kawasan ibu kota negara (IKN) Republik Indonesia di Kalikantan Timur. Launching dilakukan langsung Menteri PUPR Basuki Hadimulyono diajang Dialog Nasional Rancang Bangun dan Kesiapan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara di Borneo Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, Rabu (2/10/2019).

Sayembara gagaran desain kawasan IKN berhadiah total Rp5 miliar terbuka untuk umum. Pendaftaran dimulai sejak Oktober 2019 hingga Agustus 2020. Hadiah dibagi untuk lima pemenang. Untuk pemenang pertama diberi hadiah Rp2 miliar, pemenang kedua Rp1,25 miliar, pemenang ketiga Rp1 miliar, Harapan pertama Rp500 juta dan Harapan kedua Rp250 juta. "Mulai saat ini saya launching sayembara gagaran desain IKN. Kalau ingin mendaftar silahkan buka website kami dialamat sayembaraikn.pu.go.id," ujar Basuki.

Sayembara akan dinilai 13 juri yang terdiri para ahli diberbagai bidang. Seperti ahli desian, arsitek, akademisi dan kementerian/lembaga. Ditambahkannya, pemerintah akan membangun IKN sebagai smart metropolis yang fasilitasnya selain ramah lingkungan juga lebih mengarah pada pemanfaatan teknologi modern.

Hadir Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Kelola Hutan dan Lingkungan KLHK Sigit Hardwinarto.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait