Menteri Tinjau Hutan Pendidikan Unmul, Kembangkan Ecotourism Untuk Pendidikan Masyarakat

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menanaman bibit pohon Ulin, Bengkirai dan Kapur (Rian/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Tidak ingin kehilangan momen, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menanaman bibit pohon Ulin, Bengkirai dan Kapur. Tanam pohon itu dilakukan Menteri LHK saat berada di area Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman (Fahutan Unmul) Samarinda, Jumat (8/3/2019).

Kegiatannya selama di area hutan biasa disebut Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS) didampingi Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi, Rektor Unmul Samarinda Profesor Masjaya, Plt Sekprov Hj Meiliana, Sekjen Kementerian LHK Bambang Hendroyono dan jajaran Kementerian LHK.

Menteri Siti Nurbaya menilai Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman sangat baik untuk dikembangkan dan ditingkatkan sebagai Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK). “Posisi dan situasi hutan pendidikan ini sangat bagus untuk ukuran hutan dekat kota. Kita bisa lakukan pengembangan dan peningkatan kedepannya,” katanya.

Menurutnya, banyak hal unik dan potensial yang bisa dikembangkan di hutan pendidikan seluas 300 hektar tersebut. Namun tetap perlu perencanaan yang baik dan sinergi antara pemerintah dengan perguruan tinggi sehingga kegiatan ini sangat mungkin diwujudkan.

“Saya berterima kasih atas sinergi yang terjalin antara Pemda dengan universitas untuk pengelolaan hutan ini," ungkapnya. Kedepan lanjutnya, perlu dilakukan improve teknologi dengan mengembangkan biofarmasi (industri kayu putih) dan Aren. "Bisa juga kita kembangkan ecotourism. Jadi bukan hanya edukasi tentang flora dan fauna saja,” jelasnya.

Sementara itu, Wagub Hadi Mulyadi menyambut baik keinginan Kementerian LHK untuk memperluas kawasan hutan pendidikan Fahutan Unmul dengan mengambil alih kawasan bekas tambang disekitarnya. “Pemprov sangat mendukung hal itu. Kita akan support penuh upaya pemulihan hutan dan pengambilalihan lahan tersebut,” ujarnya.

Selain menanam pohon, Menteri Siti Nurbaya beserta rombongan menyempatkan berjalan kaki mengitari hutan sejauh 200 meter meninjau KHDTK Hutan Pendidikan Fahutan Unmul.  Hadir pada kesempatan itu, Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim H Bere Ali, Kepala Dinas Kehutanan Kaltim H Amrullah, perwakilan Pemkot Samarinda dan Universitas Mulawarman. (her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation