Menuju Visi Kaltim 2030, Kaltim Summit III Hadirkan Effendi Gazali

Zairin Zain

 

SAMARINDA - Mewujudkan visi dan misi Kaltim 2030, Pemprov Kaltim siap laksanakan Kaltim Summit III. Agenda ini juga dimaksud untuk mendukung program Pemimpin Kaltim 2018-2023. Diharapkan, melalui program ini penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kaltim semakin baik menuju kesejahteraan rakyat. 

 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Dr H Zairin Zain mengatakan, agenda tersebut merupakan kali ketiga dilaksanakan Pemprov Kaltim. Karena itu, melalui agenda ini diharapkan dapat menghasilkan usulan agar bagaimana kemajuan pembangunan menuju Visi Kaltim 2030. "Ini akan menjadi modal penting bagi pemerintah daerah, terkhusus bagi calon pemimpin Kaltim ke depan. Sehingga, ketika memimpin daerah ini dapat bersinergi dengan program yang dibangun pemimpin sebelumnya, termasuk bersinergi dengan pemerintah pusat," kata Zairin Zain, Minggu (21/1).

 

Zairin mengatakan, direncanakan peserta yang hadir mencapai 300 orang, terdiri dari OPD di lingkungan Pemprov Kaltim, Forkopimda, DPRD Provinsi, Ketua DPRD se-Kaltim, Bupati/Walikota se-Kaltim, Anggota DPR dan DPD RI asal Kaltim serta tokoh masyarakat, agama, pemuda, pendidikan dan lingkungan.

 

Fokus pembahasan direncanakan, hilirisasi industri, pengembangan pariwisata, teckno park, konektivitas infrastruktur dan alternatif kegiatan pasca migas dan batu bara. "Kami rencanakan Februari 2018 ini digelar. Apakah di Samarinda atau Balikpapan masih dikoordinasikan," jelasnya. Adapun sejumlah pembahasan yang dimaksud adalah, agar ke depan Kaltim tidak lagi tergantung pada sumber daya yang tak dapat diperbaharui, yaitu migas dan batu bara. Karena itu, sektor hilirisasi industri diharapkan dapat menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan perekonomian Kaltim ke depan. 

 

Agenda tersebut juga akan menghadirkan sejumlah pembicara, mulai Renald Kasali, Danang Parikesit, Mudrajat Kuncoro dan Effendi Gazali. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation