Merajut Nusantara Dipusatkan di Stadion Utama Palaran

SAMARINDA-Kaltim akan menjadi tuan rumah tiga  even nasional sekaligus, yakni Merajut Nusantara, Jambore Pemuda Indonesia (JPI) dan Peringatan Nasional Hari Sumpah  Pemuda. Acara ini akan diikuti perwakilan pemuda dari 10 negara Asean dan 2 negara non Asean pada 28 Oktober mendatang. Seluruh rangkaian acara ini akan dipusatkan di Stadion Utama Palaran Kaltim.     
"Sebagai tuan rumah tentu kita harus bisa membuat para peserta merasa nyaman.  Seluruh rangkaian acara ini harus sukses.
Dijelaskan, hasil rapat  bersama pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  menghasilkan keputusan yakni seluruh SKPD bertekad menyukseskan even akbar tersebut, sementara  Karena itu persiapan awal terus kami bahas  mengingat pejabat pusat juga akan hadir," Kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim  Sigit Muryono, usai rapat pemantapan kegiatan Merajut Nusantara di ruang Tepain II, Kamis (23/5). TNI/Polri juga siap mendukung untuk bidang keamanannya.
Acara akan digelar selama tiga hari, pada 26 hingga 28 Oktober. Pada puncak peringatan Sumpah Pemuda, rencananya Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan tokoh-tokoh penting negeri ini akan hadir ke Samarinda.  Kepanitiaan acara ini terbagi tiga, yakni panitia pusat, provinsi dan panitia Kota Samarinda.
Berbagai kegiatan akan meramaikan pelaksanaan tiga even besar ini diantaranya  bhakti sosial kebersihan kota, penanaman pohon dan donor darah yang diberi nama “Ikut Serta Donor Darah” karena akan dilakukan  secara nasional yang diperuntukan bagi para pemuda.   
Dijelaskan Sigit,  program Merajut Indonesia akan digelar di lima lokasi. Diawali pada 20 Mei 2013 di Miangas, Sulawesi Utara berbarengan dengan Hari Kebangkitan Nasional.  Selanjutnya, program dilaksanakan berturut-turut di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur pada Juni 2013,  Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam pada Agustus 2013, Kota Merauke, Papua pada September 2013 dan berakhir di Samarinda Kaltim pada 28 Oktober mendatang.   
"Kepercayaan ini adalah kehormatan yang tentu saja menjadi kebanggaan bagi kita. Semoga terbangun semangat  patriotisme  dan cinta tanah air di dalam jiwa semua pemuda seluruh  Indonesia," tegasnya. (sar/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation