Meriahkan HUT Proklamasi ke-71


SAMARINDA - Memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Republik Indonesia ke-71 2016, Pemprov Kaltim akan  menggelar berbagai kegiatan baik  yang bersifat seremonial maupun kegiatan lain dengan berbagai lomba olahraga maupun lomba seni.

 

Asisten Pemerintahan  Setdaprov Kaltim Meiliana yang juga  Ketua Panitia Penyelenggara HUT Proklamasi RI ke-71 Provinsi Kaltim, mengatakan ada beberapa   acara seremonial yang akan dilakukan yaitu ramah tamah gubernur Kaltim dengan para perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, wredatama, warakawuri dan Angkatan 45.

Kemudian penganugrahan Satya Lancana Karya Satya.  Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih, penyerahan remisi kepada narapida yang akan dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Samarinda, kemudian pada malam harinya akan dilakukan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Samarinda.   

"Tanggal 17 Agustus tepat pukul 10.00 Wita dilaksanakan upacara peringatan detik-detik Proklamasi RI ke-71. Selaku inspektur upacara adalah Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, di Stadion Madya Sempaja Samarinda. Kemudian pukul 17.00 Wita akan kembali dilakukan upacara penurunan bendera," kata Meiliana, Kamis, (4/8).

Kemudian pada malam harinya syukuran dalam rangka HUT RI ke-71 tahun 2016 yang  dilaksanakan di Plenary Hall Sempaja Samarinda. Kegiatan ini akan dihadiri Forum Komuikasi Pimpinan Daerah, kepala SKPD, para veteran, anggota Paskibra, Korem/Kodim serta para pelajar.

"Untuk iburan akan hadirkan seniman madihin asal Banjarmasin  Jhon Tralala. Kita juga siapkan hiburan lainnya," ujar Meiliana. 

Keesokan harinya dilanjutkan pawai pembangunan diikuti SKPD provinsi dan kabupaten/kota, paguyuban, Ormas, mahasiswa, pelajar dan sejumlah komunitas. Start dari GOR Stadion Segiri Samarinda, kemudian panggung kehormatan di Jalan Bhayangkara (samping kanan Dinas Peternakan Kaltim).

"Pada 22-27 Agustus  dilakukan pembukaan pameran pembangunan dan Kaltim Ekspo dipusatkan di GOR Stadion Madya Sempaja. Kegiatan itu akan diikuti oleh seluruh SKPD provinsi, kabupaten/kota, BUMD, UMKM, koperasi serta peserta pelaku usaha lainnya," kata Meiliana.

Selain itu, juga digelar berbagai perlombaan beberapa cabang olahraga, kesenian dan permainan tradisional. (mar/sul/es/humasprov).      

Berita Terkait
Government Public Relation