Miau Baru Utara Siap Sukseskan Proklim


KONGBENG - Setelah mengunjungi Desa Bea Nehas Kacamatan Muara Wahau, rombongan jurnalis melanjutkan perjalanan ke Desa Miau Baru Kecamatan Kongbeng.

Desa ini salah satu dari 18 desa di Kabupaten Kutai Timur terpilih masuk dalam Program Kampung Iklim (Proklim) plus dilaksanakann Forest Carbon Partnership Facility Carbon Fund (FCPF CF) 2020 – 2024.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Miau Baru Utara Bit Jalung didampingi Kepala Desa Miu Baru Langat Iffung dan Kepala Adat Miau Baru Pai Ding, mengatakan sangat mendukung dan siap menyukseskan Proklim. Saat ini hutannya tinggal tersisa kurang lebih 200 hektar yang dipertahankan masyarakat Miau Baru khususnya Miau Baru Utara.

“Sejak beberapa tahun ini, masyarakat kami maupun Miau Baru, terus berupaya mempertahankan kawasan hutan yang tersisa. Apalagi desa kami terpilih menjadi prioritas Proklim, otomatis kami sangat mendukung dan siap menyuksaskannya, “ kata Bit Jalung, saat menyambut rombongan jurnalistik, di Lamin Adat YH Langet Anye Desa Miau Baru Kecamatan Kongbeng, Minggu (15/12/2019).

Bit Jalung menambahkan warga desa berkomitmen mempertahankan 2.000 hektare hutan yang tersisa dari gempuran perkebunan kelapas sawit. Masyarakat desa ingin menjaga hutan untuk anak cucu mereka.

“Kelestarian hutan sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas air di desa kami, maka dari itu apapun yang terjadi hutan tersebut akan tetap kami pertahankan. Apalagi desa kami akan masuk Proklim plus,” tandasnya,

Dengan terpilihnya Desa Miau Baru Utara masuk dalam Proklim plus, tentu diharapkan pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, dan pemerintah pusat, bisa memperhatikan pembangunan diberbagai sektor, untuk kemajuan desa baik di desa Miau Baru maupun pemekaran Desa Miau Baru Utara.

“Desa Miau Baru Utara yang merupakan desa pemekaran dari Desa Miau Baru sangat komit dan mendukung Proklim Plus, dengan harapan pemerintah, baik pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten, menjadi perhatian dan memberikan kontribusi dalam pengembangan dan kemajuan di desa kami,” pinta Bit Jalung.

Kunjungan Rombongan Jurnalis ke V ke Desa Miau Baru, dipimpin Kepala Sub Bagian Internal dan Eksternal Biro Humas Setdaprov Kaltim Hj Murni, didampingi Deputi Direktur Yayasan BIOMA Kaltim, Danang Sukobudi, serta beberapa awak media cetak dan elektronik.(mar/her/yans/humasprov kaltim)

Berita Terkait