Minggu Depan Kaltim Dapat Tambahan Satu Unit PCR

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Diperkirakan pada minggu depan Provinsi Kaltim akan  mendapat tambahan dukungan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) yang digunakan untuk mengonfirmasi positif atau tidak pasien yang dirujuk ke rumah sakit, khususnya yang diduga terpapar virus Corona atau Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim yang juga Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi H Andi Muhammad Ishak mengatakan PCR tersebut akan ditempatkan di Laboratorium Kesehatan Daerah. 

"Dengan bertambahnya satu PCR kita di daerah ini. mudahan-mudahan mulai minggu depan sudah bisa operasional PCR tersebut sehingga bisa dimanfaatkan untuk pemeriksaan Covid-19," katanya ketika jumpa pers melalui aplikasi zoom cloud bersama awak media, Kamis (28/5).

Dengan operasional PCR tersebut, maka ada tiga PCR yang dimiliki Kaltim , dua lainnya ada di RSUD AWS dan RSU Pertamina. Melalui alat tersebut dapat memberikan kemudahan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, tak terkecuali dalam penanganan Covid-19.

Dengan dukungan alat tersebut, maka  semakin mudah dan cepat tim kesehatan atau medis yang bekerja mengetahui hasil laboratorium dalam memastikan kasus Virus Corona ini.

"Kita harapkan dengan diketahui hasil tersebut, maka proses penanganan terhadap pasien juga akan lebih cepat, sehingga, turut mempercepat 

memutuskan penyebaran virus Corona. Baik yang terkontak langsung maupun sesuai riwayat perjalanan para pasien," jelasnya. (jay/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait