Momentum Bagi Guru Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi

Memperingati Hari Guru ke-69

SAMARINDA - Momentum Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-69 yang diperingati setiap 25 November, hendaknya menjadi momentum  khususnya bagi guru di Kaltim untuk meningkatkan kompetensi, sehingga mampu mendukung pembangunan pendidikan daerah untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

Hal ini sesuai komitmen Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak terhadap bidang pendidikan agar terus ditingkatkan,  mulai kompetensi peserta didik, kompetensi guru, kesejahteraan guru hingga infrastruktur pendidikan.

“Melalui hari guru tahun ini, Pemprov Kaltim mengingatkan  agar para guru di daerah terus berupaya meningkatkan kompetensi. Caranya dengan mengikuti pelatihan dan melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Semua itu telah diprogramkan pemerintah, khususnya melalui program beasiswa Kaltim Cemerlang,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim dikonfirmasi di Samarinda, Kamis (20/11).

Selain kompetensi, guru juga diharapkan meningkatkan kinerja dan prestasi, dengan memberi pelayanan maksimal kepada siswa untuk menciptakan SDM berkualitas di daerah ini.

Apalagi, program pembangunan pendidikan di daerah ini terus ditingkatkan. Salah satunya Beasiswa Kaltim Cemerlang sejak 2009-2013 diberikan kepada 30.000 orang pertahun, kini sejak 2014 hingga 2018 penyaluran beasiswa ditingkatkan untuk 50.000 orang pertahun.

Bukan hanya itu, sarana penunjang peningkatan kualitas pendidikan juga terus dibangun, antara lain Education Center, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI).

Bagi anggota PGRI se Kaltim diharapkan melalui HUT PGRI ke-69 dapat meningkatkan tali silaturrahim, sehingga mampu memberikan motivasi para guru dalam mencetak siswa yang berkualitas.(jay/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation