Momentum Berbuat Lebih Baik untuk Bangsa dan Negara

Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2014

SAMARINDA – Hari Pahlawan Nasional 2014 yang diperingati setiap tahun pada 10 November, diharapkan bukan sekedar seremonial belaka, melainkan menjadi momentum pendorong semangat bagi generasi muda untuk berbuat lebih baik bagi bangsa dan negara.

Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP usai memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2014, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa, Senin (10/11).

“NKRI ini berdiri melalui perjuangan dan pengorbanan dari para pahlawan di seluruh penjuru nusantara. Serta persatuan dan kesatuan yang didukung komitmen dari seluruh bangsa. Untuk itu, generasi muda Indonesia, khususnya Kaltim harus bisa bertindak nyata untuk bangsa dan negara dalam mewarnai kemerdekaan Indonesia yang telah berusia 69 tahun,” ungkap Mukmin.

Menurut dia, satu hal yang patut menjadi contoh bagi generasi muda adalah sikap kepahlawanan yang merupakan sikap tindakan perjuangan dan pengorbanan yang penuh militansi. Yang bukan sekedar ungkapan, melainkan tindakan nyata mengorbankan seluruh jiwa dan raga untuk Indonesia tercinta. 

Pada usia 69 Tahun Kemerdekaan Indonesia, lanjut dia, Hari Pahlawan 2014 mengangkat tema “Pahlawanku, Idolaku”. Dimana perjuangan seluruh pahlawan yang telah gugur di medan laga dapat menjadi figur idola bagi generasi muda dalam mencari jatidiri.

“Jadikan mereka para pahlawan sebagai inspirasi. Karena, kemerdekaan yang dirasakan sekarang merupakan jerih payah pahlawan kita. Mari bersama membangun cipta, rasa dan karsa untuk pembangunan Indonesia yang lebih maju, adil dan sejahtera,” pintanya.

Bagi pemuda-pemudi Kaltim, ujar dia, memaknai peringatan Hari Pahlawan hendaknya dapat dilakukan dengan turut serta berpartisipasi dalam pelaksanaan program pembangunan di daerah. Baik berkontribusi langsung dalam pembangunan maupun sebagai kontrol pembangunan dengan memberikan saran dan kritik konstruktif bagi pemerintah.

Karena, sebagai provinsi yang memiliki sumber daya alam (SDA) berlimpah, saat ini Kaltim sedang menuju transformasi ekonomi dari berbasis SDA tak terbarukan menuju perekonomian berbasis SDA terbarukan. Untuk itu, guna mewujudkannya, Pemprov Kaltim terus berupaya mencetak sumber daya manusia (SDM) yang andal dan berkualitas.

“Pemprov telah menjalankan Beasiswa Kaltim Cemerlang sejak 2009 lalu, dengan jumlah penerima beasiswa ratusan ribu putra-putri Kaltim. Lima hingga 10 tahun mendatang, kita akan melihat hasil investasi pendidikan tersebut, dimana Kaltim akan menjadi daerah unggul dan memiliki SDM yang siap bersaing dengan SDM dari daerah maupun negara lain,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono, Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Antonius Wisnu Sutirta beserta jajaran pimpinan SKPD lingkup Pemprov, Korem 091/ASN, Kodim 0901/Samarinda dan Polresta Samarinda. (her/sul/es/hmsprov).

 

///FOTO : Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP menabur bunga pada salah satu pusara di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa, usai memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional.(fajar/humasprov)

 

Berita Terkait