Momentum Membangkitkan Kinerja Pegawai di Daerah

Peringatan Harkitnas ke-105 di Kaltim


SAMARINDA - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-105 yang akan diperingati 20 Mei diharapkan bisa menjadi momentum membangkitkan kinerja pegawai di daerah. Peringatan Harkitnas dimaksud untuk terus menggugah dan menggelorakan semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme.
“Dengan semangat Harkitnas mari wujudkan demokrasi berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 menuju Indonesia yang modern dalam bingkai NKRI. Diharapkan semangat kerja pegawai meningkat dengan momentum ini,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kaltim Abdullah Sani didampingi Kepala Seksi Pers Bidang Dokumentasi dan Informasi Andik Riyanto di Samarinda, Kamis (16/5).
Menurut dia, bangkit yang dimaksud dalam makna Harkitnas ini adalah bagaimana bangkit sesuai dengan aturan birokrasi. Mulai bangkit tentang disiplin waktu dan pelaksanaan kerja. Saat ini, hal itu yang dilakukan Pemprov Kaltim guna mewujudkan pegawai yang berkualitas dan mampu memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Artinya, jika masih ada pegawai yang belum disiplin maka tingkat kedisiplinannya harus ditingkatkan, yang telah disiplin diharapkan dapat mempertahankan hal itu.
“Sebagai pelayan masyarakat,  pegawai diharapkan betul-betul memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Jika hal itu dapat dilaksanakan, maka pegawai telah bangkit dari keterlenaan,” jelasnya.
Menurut dia, Harkitnas dimulai ketika berdirinya Budi Utomo 20 Mei 1908 yang merupakan organisasi pelopor di bidang pendidikan dan sosial, yang merintis jalan baru menuju cita-cita perjuangan bangsa Indonesia.
Perjuangan itu kemudian melahirkan gerakan sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 dengan   satu kesatuan tekad, berbangsa, berbahasa dan bertanah air satu, Indonesia.
Puncak peringatan akan dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur, Senin 20 Mei 2013. Seluruh pegawai Pemprov Kaltim diharapkan mengenakan pakaian korpri pada peringatan tersebut.  
Upacara akan diikuti sejumlah paguyuban Kaltim, LSM, mahasiswa dan pelajar. Diperkirakan peserta mencapai 500 orang. Setelah upacara juga dirangkai dengan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba puisi, mengarang, pidato, blog dan banner. (jay/hmsprov).

////Foto : Diskominfo Kaltim menggelar sejumlah lomba, salah satunya lomba puisi untuk memperingati Harkitnas Ke-105.(risky)


 

Berita Terkait