Momentum Tahun Baru Islam untuk Intropeksi Diri

Rusmadi (kacamata) di antara peserta jalan sehat Tahun Baru Islam. (umar/humasprov kaltim).

 

SAMARINDA - Meski sempat diguyur hujan pagi hari, tak menyurutkan antusias warga RT 21 sampai dengan RT 26 Jalan Suwandi Gunung Kelua Samarinda melaksanakan kegiatan jalan sehat  bersama yang secara resmi dilepas oleh Sekprov Kaltim  Dr H Rusmadi MS. Pelaksanaaan kegiatan jalan sehat, serta berbagai aneka lomba di lingkungan ini merupakan kegiatan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Tahun Baru Islam 1439 Hijriah sekaligus penggalangan dana untuk  umat Muslim Rohingya

 

Rusmadi  mengatakan kegiatan ini sangat positif, sekaligus mempererat tali silaturahmi antar sesama warga. Maka dari itu momentum tahun baru Islam bisa dijadiakan intropeksi diri untuk memulai aktivitas di tahun baru ini. "Kiranya Momentum tahun baru Islam 1439 ini bisa dijadikan intropeksi diri untuk memulai sesuaitu yang baik, seperti  kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan. Sehingga bukan saja menambah kesehatan jasmani melalui jalan sehat, tetapi juga dapat mempererat hubungan silaturahmi antar sesama warga," kata Rusmadi.

 

Ditambahkan, hingga kini kehidupan umat beragama di Kaltim berlangsung dengan baik, Semua pemeluk agama dapat menjalankan ibadah dan kewajiban-kewajiban agamanya dengan aman dan damai, tanpa gangguan dari pihak lain yang tidak bertanggung jawab. "Oleh karena itu, momentum  jalan sehat ini  seluruh lapisan masyarakat RT 21-26 khususnya dan  Kaltim umumnya,  untuk tetap menjaga kerukunan umat beragama agama,  menjaga persatuan dan kesatuan.

 

Pemprov bersama seluruh pemangku kepentingan menyadari sepenuhnya, bahwa ke depan  tantangan perubahan semakin hari semakin kompleks dan beragam. Termasuk tuntutan perubahan dalam kehidupan beragama, bermasyarakat dan bernegara. Sehingga kewaspadaan dini terus ditingkatkan dalam upaya mencegah timbulnya potensi konflik di daerah. "Maka dari itu, melalui kegiatan jalan sehat ini, kiranya dapat menjadi pemersatu, dan tidak mudah terpancing oleh isu-isu yang dapat memecah belah perstauan dan kesatuan yang telah terjalin baik selama ini," pesan Rusmadi.

 

Rusmadi juga memberikan apresiasi kepada warga RT 21-26 Jalan Suwandi Gunung Kelua Samarinda yang telah mengadakan pekan Muharram yang dilaksanakan oleh PHBI dan Irma  Masjid Sultan Sulaiman  Jalan Suwandi, karena bisa melaksanakan kegiatan yang dapat memjaga persatuan dan kesatuan sehingga tercipta lingkungan yang rukun dan damai. (mar/su/ri/humasprov)

Berita Terkait