MoU Pemprov dan AP 1, Harus Untungkan Daerah dan Rakyat

Tri Murti Rahayu

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dengan Dirut Angkasa Pura (AP) 1 Faik Fahmi telah menandatangani MoU antara Pemprov Kaltim dengan PT AP 1 (Persero) tentang rencana kerja sama pengelolaan Bandara Internasional APT Pranoto Samarinda saat soft opening pengoperasian Bandara Internasional APT Pranoto, 24 Mei lalu.

Dari MoU tersebut, Pemprov meminta agar kerjasama ini menguntungkan daerah dan rakyat. Karena itu, dari kesepakatan tersebut diminta AP 1 untuk mengkaji rencana kerja sama terbaik untuk pengelolaan bandara tersebut. "Angkasa Pura memiliki pengalaman pengelolaan bandara. Makanya, kami minta AP 1 bisa menyusun studi kelayakan untuk pengelolaan bandara ini. Sesuai arahan Gubernur Awang Faroek, pemerintah minta pengelolaan itu menguntungkan daerah dan masyarakat," kata Karo Humas Setprov Kaltim Tri Murti Rahayu di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (31/5).

Diharapkan ada kajian awal. Sebab, Pemprov Kaltim sudah menginvestasikan dana yang cukup besar untuk bandara ini mencapai Rp1,6 triliun. Artinya, investasi tersebut  harus menguntungkan daerah dan rakyat juga berbagai pihak lainnya. "Banyak potensi yang harus dikaji dari kerja sama ini. Contohnya, tentang jumlah penumpang, jumlah masyarakat yang ada di Kaltim khususnya di Samarinda, Kukar, Bontang dan Kutim. Kemudian, pemasukan apa yang bisa diterima daerah dan apa yang layak ditangani daerah," jelasnya.

Melalui MoU ini, diharapkan AP 1 segera melakukan kajian, sehingga lebih cepat juga pemerintah daerah turut serta mengelola bandara. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
LENSA KALTIM MAJU
LENSA KALTIM MAJU

17 September 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

LENSA KALTIM MAJU
LENSA KALTIM MAJU

09 Januari 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

SKPD Harus Lebih Tingkatkan Kinerja
SKPD Harus Lebih Tingkatkan Kinerja

13 Desember 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

Government Public Relation