MTQ 2019 Diundur Setelah Lebaran Idulfitri

SAMARINDA - Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2019 Tingkat Provinsi Kaltim yang rencana dilaksanakan April 2019 di Kabupaten Paser diundur hingga usai Idulfitri 1440 Hijriah. Pengunduran pelaksanaan itu, sesuai usulan yang disampaikan tuan rumah MTQ Provinsi mendatang, Pemerintah Kabupaten Paser yang disampaikan belum lama ini.

"Sesuai rapat koordinasi yang dipimpin Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim HM Sa'bani baru-baru ini, diputuskan penyelenggaraan MTQ diundur hingga usai lebaran Idulfitri tahun ini. Awalnya pelaksanaan rencana ditetapkan April 2019," kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setprov Kaltim H Elto di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (14/2/2019).

Elto mengatakan dasar pengunduran pelaksanaan itu karena, pada waktu bersamaan juga digelar pesta demokrasi rakyat,  pemilihan umum presiden dan legeslatif, dan bertepatan juga dengan pelaksanaan ujian nasional. Dengan demikian, untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilihan umum dan ujian nasional tersebut, maka pelaksanaan MTQ tingkat provinsi diundur.

Saat ini persiapan pelaksanaan telah dilakukan. Termasuk Surat Keputusan (SK) tentang kepanitiaan juga telah ditandatangani gubernur. Koordinasi juga terus dilakukan dengan Pemerintah Kabupaten Paser. Sesuai koordinasi mereka, maka pelaksanaan diminta untuk diundur. Berdasarkan usulan tersebut, maka Pemprov Kaltim melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kaltim melaksanakan rapat koordinasi dan menyepakati penundaan penyelenggaraan MTQ. Mengenai waktu yang tepat untuk pelaksanaan tersebut, hingga saat ini masih terus dikoordinasikan. (jay/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation