MTQ Korpri ke-3 Nasional 2016 Dibuka, Sekjen Korpri : PNS Harus Pelajari Alquran


 

SAMARINDA – Pemukulan beduk menandai dibukanya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) sebagai perhelatan akbar dua tahunan para abdi negara se-Indonesia.

Bertempat di halaman Masjid Baitul Muttaqien Komplek Islamic Center Kaltim, MTQ secara resmi dibuka Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pengurus (DP) Korpri Nasional yang juga Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

Dalam kesempatan itu, dia berharap MTQ dijadikan momentum untuk lebih mendalami dan memahami kitab suci Al Qur’an, termasuk cara membaca yang benar bagi jajaran Korpri.

“Anggota Korpri adalah pegawai negeri sipil (PNS) mayoritas beragama Islam. Saya mengajak mari secara terus menerus kita pelajari Al Qur’an warisan Nabi Muhammad SAW secara baik dan benar,” katanya, Minggu (13/11).

Al Qur’an sebagai kitab suci menurut dia, diturunkan menjadi tuntunan dan pegangan serta memiliki hikmah pendidikan karakter bagi umat manusia agar selamat dunia dan akhirat.

Karenanya, pendidikan karakter bangsa harus dimulai dan melibatkan agama sebab sangat seiring dengan pembangunan manusia Indonesia yang berakhlak dan berbudi luhur.

“Agama mengajarkan agar kita berakhlak dan berbuat baik kepada orang lain. Demikian sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat maka pegawai harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” harap Bima Haria.

Sementara Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP  mengemukakan apresiasi Pemprov Kaltim atas dipercayanya Benua Etam sebagai tuan rumah MTQ nasional para abdi negara dan abdi masyarakat.

“Pemprov dan seluruh masyarakat Kaltim sangat mengapresiasi atas kepercayaan diselenggarakan MTQ nasional dan harus kita sukseskan, sehingga menghasilkan prestasi terbaik bagi peserta dan masyarakat,” ujar Mukmin Faisyal.

Perhelatan para abdi negara dan pelayan masyarakat ini diikuti 646 peserta, pelatih dan official dari  23 kementerian/lembaga dan 30 provinsi se-Indonesia dengan mempertandingkan lima cabang lomba.

Yakni, musabaqah tartil Qur’an, musabaqah tilawah Qur’an, musabaqah Hifzh Al Qur’an serta musabaqah dakwah Qu’ran serta musabaqah Khath Qur’an untuk putra dan putri.

Tampak hadir Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi dan Ketua Penyelenggara MTQ Nasional Zudan Arief Fakhrullah serta ketua DP Korpri provinsi se-Indonesia. 

MTQ digelar sejak 12-20 Nopember di Samarinda pada tiga tempat yakni Masjid Baitul Muttaqien, Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kaltim dan Ballroom Pendopo Lamin Etam Kantor Gubernur Kaltim. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation