MTQ Sukses Karena Dukungan Semua Umat Beragama

Wagub  Tutup MTQ ke-35 di Malinau


MALINAU-Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy memberikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Kaltim ke-35 di Kabupaten Malinau  yang dinilai sukses karena digelar  dengan semangat kebersamaan semua umat beragama.  
“Penyelenggaraan  MTQ di Malinau ini bisa dicontoh dan ditiru daerah lain, karena sebuah even keagamaan mampu didukung oleh umat beragama yang lain secara kompak dan rukun. Kondisi ini tentunya patut dipertahankan  dan akan diterus ditingkatkan baik pada lingkup Provinsi Kaltim maupun Kalimantan Utara,” kata Farid Wadjdy saat  menutup  Musabaqoh MTQ Tingkat Provinsi  Kaltim ke-35 di Lapangan Sepak Bola Tanjung Belimbing, Malinau, Minggu  malam (19/5).
Farid menambahkan, even MTQ ini selain memberikan pemahaman tentang pentingnya aspek-aspek pengamalan, sekaligus juga  menyiapkan kafilah untuk mewakili Kaltim pada even tingkat nasional.
Dia mengimbau, agar pelaksanan MTQ  terus ditingkatkan dengan kualitas yang lebih baik. Lebih dari itu, penting pula untuk terus dilakukan pengembangan dan aktualisasi nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran pada kehidupan sehari-hari, sehingga segala sikap dan tata pergaulan di masyarakat  selalu  bernuansa agamis dilandasi moral dan akhlakul karimah.  
MTQ ke-35 ini diharapkan mampu   meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman mulia untuk mengantarkan umat manusia pada kebaikan kehidupan di dunia dan di akhirat kelak. Serta mengajak umat Islam  meningkatkan persatuan dan kesatuan.
"Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya MTQ ini hingga sukses. Hal ini terlihat  dengan antusiasnya masyarakat dalam mendukung dan memberikan partisipasinya untuk menyemarakkan MTQ ini, hingga  penutupan malam ini,” kata Farid.
Kepada peserta yang belum berhasil memperoleh predikat terbaik, Farid meminta agar mereka tidak putus asa, sebab masih banyak peluang dan kesempatan yang akan datang. Kegagalan adalah sukses yang tertunda.
MTQ ke-36 tahun depan akan digelar di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Meski masih satu tahun ke depan, sebagai calon tuan rumah Farid meminta pemerintah dan masyarakat Kutim  mempersiapkan diri agar penyelenggaraan MTQ nantinya berlangsung sukses.    
“Kepada para kafilah, saya mengucapkan terimakasih dan selamat jalan.Sampai ketemu MTQ ke-36 di Kutai Timur, tahun depan,” ujar Farid.  
Saat penutupan, juga ditampilkan  pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Qoriah terbaik satu, golongan dewasa wanita drh Hj Aik Srimulyani dari kota Tarakan. Selain itu juga  ditampilkan tarian kolosal dan hiburan oleh group band  nasional, Armada dan tauziah yang disampaikan oleh Ustad Maulana. Penutupan kian meriah dengan pesta kembang api.
Wagub Farid Wadjdy  melakukan  menekan tombol sirine yang didampinggi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim, H Kusasi, Bupati Malinau Yansen TP dan Ketua DPRD Malinau, Pendeta Martin Labo.
Juara umum dan Piala Gubernur pada MTQ ini diraih Kafilah Kota Bontang. Masyarakat Malinau  sangat antusias menyambut pelaksanaan penutupan  MTQ ke-35.  Ini  terlihat jelas dari banyaknya masyarakat yang hadir pada malam itu. (sar/hmsprov).

////Foto : (dari kiri) Kepala Kanwil Kemenag Kaltim HM Kusasi, Bupati Malinau Yansen TP, Wakil Gubernur H Farid Wadjdy, Ketua DPRD Malinau Martin Labo dan Kepala Biro Sosial Setprov Kaltim H Syafrian Hasani menekan tombol sirine sebagai tanda berakhirnya pelaksanaan MTQ ke-35.(harry/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation