Mubes DADK, Warga Dayak Harus Dukung IKN

ist

SAMARINDA - Gubernur Kaltim mengajak semua masyarakat Kaltim, terutama Dewan Adat Dayak Kaltim (DADK) untuk menyatukan tekad dan bergandeng tangan membangun serta memajukan Kaltim.

Ajakan Gubernur Isran Noor itu tertuang dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan staf ahli gubernur HM Yadi Robyan Noor pada Musyawarah Besar IV Dewan Adat Dayak Kaltim di Ballroom Hotel Bumi Senyiur Jalan Pangeran Diponegoro Samarinda, Selasa (26/11/2019).

Menurut dia, hidup rukun dan damai dalam keberagaman. Maju dan sejahtera bersama-sama. Jika semua mampu menjaga itu, maka Kaltim akan selalu damai dan lebih sejahtera.

"Apalagi Presiden sudah menyatakan bahwa ibukota negara akan dipindah ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara," ujarnya.

Baginya, dukungan DADK tentu sangat diharapkan untuk bersama-sama menciptakan kedamaian, hidup bertoleransi dan bergotong-royong membangun Kaltim.

Harapannya, DADK terus eksis di tengah masyarakat dan negara, membawa watak independensi, kecendekiaan dan keagamaan. Mampu memberikan kontribusi di semua tingkatan hingga dirasakan di daerah.

Sementara Presiden Majelis Adat Dayak Nasional Cornelius sangat setuju atas keinginan Gubernur Kaltim bahwa Kaltim harus kondusif dengan keterlibatan seluruh komponan masyarakat, tidak terkecuali warga Dayak.

"Masyarakat Dayak harus menunjukkan kepeduliannya untuk ikut memelihara dan menjaga keamanan dan ketertiban daerah. Kondusifitas daerah menjadi modal utama membangun daerah," ujarnya.

Selain itu, mantan Gubernur Kalimantan Barat ini berharap jajaran DADK mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat adat Dayak.

"Generasi muda Dayak tidak boleh tertinggal. Harus terus memacu diri dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas diri. Terus belajar dan menempa diri mengikuti kemajuan dan perkembangan jaman," harapnya.

Pelaksanaan Mubes selama dua hari (26-27 November) diikuti ratusan peserta dari DADK provinsi dan kabupaten/kota se Kaltim. Pembukaan Mubes ditandai pemukulan gong oleh Cornelius didampingi jajaran Forkopimda Kaltim.

Mubes dihadiri Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Eddy Sumitro, Ketua DPRD Kaltim HM Makmur HAPK, Wakil Walikota Samarinda HM Barkati, Pembina Forum Kabangsaan Kaltim HM Yos Soetomo, serta pimpinan organisasi kemasyarakatan dan tokoh masyarakat Kaltim.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait