Mudik Lebaran, Ayo Lewat APT Pranoto

Bandara APT Pranoto siap melayani penumpang untuk arus mudik lebaran. (DOK/HUMASPROV)

SAMARINDA - Masyarakat Samarinda dipastikan bakal menikmati kemudahan dalam akses transportasi udara. Terbukti, setelah diresmikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pekan lalu, Bandara Internasional APT Pranoto langsung membuka rute penerbangan baru jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah dengan maskapai Wings Air.

Penerbangan baru akan melayani masyarakat dengan rute nasional, yaitu Samarinda-Surabaya, Samarinda-Ujungpandang dan Samarinda-Berau. Pesawat yang akan beroperasi, yaitu jenis ATR-72 dengan kapasitas 70 penumpang. "15 Juni 2018, insyaallah sudah bisa mulai penerbangan nasional untuk Samarinda-Ujungpandang dan Samarinda-Surabaya. Dengan dibukanya rute penerbangan ini, masyarakat pasti akan lebih mudah pulang kampung," kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Salman Lumoindong di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (30/5).

Pembukaan rute tersebut sesuai surat persetujuan yang diterbitkan Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara APT Pranoto Samarinda Wahyu Siswoyo tertanggal 28 Mei 2018 kepada Airport Manager PT Wings Abadi Air di Samarinda.

Selanjutnya, jika semua telah selesaikan, terutama selesainya perapian di bahu runway sepanjang 300 meter, diharapkan akhir tahun ini juga Boeing 737-900 sudah bisa masuk. Sehingga, penerbangan internasional bisa  segera terlayani melalui Bandara APT Pranoto. "Ini sangat menggembirakan bagi masyarakat Kaltim. Karena baru saja diresmikan rute nasional sudah dibuka. Meski pesawat yang beroperasi baru jenis ATR-72," ucap Salman.

Apalagi, jalur Surabaya dan Ujungpandang di Kaltim, khususnya Samarinda, Bontang, Kutai Kartanegara dan Kutai Timur cukup banyak peminatnya, sehingga ini sangat membantu masyarakat untuk memanfaatkan rute penerbangan tersebut.  "Ayo mudik lebaran lewat APT Pranoto," seru Salman. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation