Mukmin : BPD sebagai The True Regional Champion


 

HUT  ke-51 BPD Kaltim

SAMARINDA – Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim sebagai The True Regional Champion (Juara Regional) menjadikan lembaga perbankan ini menuju bank terkemuka di daerah bahkan nasional.

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP pada peringatan HUT ke-51 BPD  Kaltim di Ruang Serbaguan Kantor Pusat BPD Kaltim, Jumat (14/10).

Karenanya, lembaga keuangan milik daerah ini mampu meningkatkan produk dan layanannya yang kompetitif dengan jaringan luas yang dikelola secara profesional dalam mendorong pertumbuhan ekonomi regional.

“BPD sebagai agent of regional development (agen pembangunan daerah), maka lembaga ini harus membuktikan dukungannya pada pembangunan ekonomi daerah yang pro growth, pro poor dan pro job dengan mengutamakan pertumbuhan kredit produktif,” kata Mukmin Faisyal.

Diakuinya Pemprov sangat menghargai komitmen BPD Kaltim yang menyalurkan kredit dalam mendukung pembangunan di sektor pertanian.

Diantaranya BPD telah meluncurkan Kredit Pangan Sejahtera, Kredit Sawit Sejahtera, Kredit Ternak Sejahtera dan Kredit Perikanan Sejahtera.

Menurut dia, kredit-kredit tersebut sangat diperlukan para pelaku utama (petani/nelayan) dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah.

Selain itu, BPD harus mampu berperan sebagai bank pengayom (Apex Bank) bagi bank perkreditan rakyat (BPR) dan penggerak tabungan masyarakat.

“Saat ini masyarakat sangat memerlukan adanya dana segar untuk membuka dan menunjang kegatan usaha mereka. Disinilah BPD harus mampu memainkan perannya secara maksimal dalam mendorong sekaligus memacu pertumbuhan ekonomi kerakyatan,” harap Mukmin.

Sementara itu Direktur Utama BPD Kaltim H Zainuddin Fanani menyebutkan pihaknya saat ini sudah membangun cabang pelayanan hingga ke daerah pedalaman dan perbatasan.

“Kami telah hadir di 109 kecamatan dari 138 kecamatan se-Kaltim. Bahkan di kawasan perbatasan dan pedalaman seperti Krayan, Long Nawang, Sebatik serta Long Apari,” ujar Zainuddin Fanani.

Tampak hadir Walikota Samarinda H Syaharie Jaang dan Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun serta Ketua OJK Perwakilan Kaltim Dwi Ariyanto, para Direktur, Ketua Dewan Pengawas, manajemen dan karyawan BPD Kaltim.(yans/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation