Mukmin : Ciptakan Harmonisasi Antar Umat Beragama

 

BALIKPAPAN – Keberadaan tempat ibadah hendaknya ikut berfungsi agar terciptanya harmonisasi dalam kehidupan antar umat beragama di wilayah Kaltim.

Utamanya, tetap terjaganya kondisi beribadah yang kondusif serta terhindar dari berbagai pertentangan atau konflik secara internal umat terlebih lingkungan masyarakat luas.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP pada peresmian gedung baru Gereja Katolik Santa Theresia Prapatan di Balikpapan, Jumat (19/8).

Terpenting lagi lanjutnya, keberadaan tempat ibadah mampu mencegah terjadinya konflik yang bernuansa politik, ekonomi maupun sara (suku, agama, ras dan antar golongan) di masyarakat.

Menurut dia, konflik itu sangat berdampak terhadap kedamaian dan ketentraman kehidupan bermasyarakat serta aktivitas beribadat di Kaltim.

“Keberadaan gereja ini mampu meningkatkan toleransi dan harmonisasi kehidupan antar umat beragama di Balikpapan bahkan Kaltim,” kata Mukmin Faisyal.

Selain itu, kondusifitas daerah merupakan modal dasar bagi terselenggaranya roda pemerintahan dan suksesnya pelaksanaan pembangunan di daerah.

Karenanya, seluruh kalangan dan elemen masyarakat Kaltim tidak terkecuali jajaran Gereja Katolik Santa Theresia Prapatan Balikpapan memiliki kewajiban yang sama untuk menciptakan situasi yang aman, damai serta tertib.

“Saya minta pihak Gereja agar tetap membangun semangat kebersamaan, gotong royong dan kekompakkan yang secara langsung akan mendukung terciptanya situasi tertib, aman dan damai dalam kehidupan bermasyarakat,” harap Mukmin Faisyal.

Sementara itu Ketua Panitia Pembangunan Gereja Katolik Santa Trheresia Pastor Huvang Hurang mengemukakan terima kasih yang mendalam dari seluruh umat Katolik atas dukungandan perhatian Pemprov Kaltim sehingga terselenggaranya pembangunan gereja.

“Dukungan dan bantuan Bapak Gubernur (Gubernur Awang Faroek Ishak) dan kesediaan Pak Wakil (Wagub Mukmin Faisyal) malam ini menunjukkan betapa besarnya perhatian pemerintah kepada umat beragama. Kami sangat beterima kasih,” kata Pastor Huvang Hurang.

Peresmian gereja ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Uskup Agung Keuskupan Agung Samarinda Pastor Yustinus Hardjo dan pemukulan gong oleh Wagub Mukmin Faisyal.

Tampak hadir Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Johny Lumban Tobing dan Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi.(yans/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation