Mukmin : Kabupaten Pioner Pengembangan Kelapa Sawit

Safari Ramadhan 1435 H Pemprov Kaltim ke Paser

 

PASER–Kabupaten Paser yang berada di wilayah selatan Kaltim saat ini sudah semakin maju dan berkembang dengan hasil-hasil pembangunan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Bahkan, untuk sektor perkebunan Paser merupakan pioner pengembangan kelapa sawit di Benua Etam.

Kabupaten Paser sudah melakukan pengelolaan  sumber daya alam (SDA) dan mengembangkan sektor agroindustri (pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan) secara maksimal dan terintegrasi hingga mampu mengubah daerah ini menjadi semakin maju, makmur dan sejahtera.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Kaltim HM MukminFaisyal HP saat melakukan kunjungan kerja dan Safari Ramadhan 1435 Hijriah Pemerintah Provinsi Kaltim di Kabupaten Paser, Kamis (18/7).

Menurut Mukmin, Paser merupakan kabupaten yang dianugerahi kekayaan sumber daya alam yang besar, khususnya hasil hutan dan pertambangan (batu bara, nikel, batu gamping dan marmer) yang sudah diekspor ke luar negeri maupun diolah di dalam negeri.

“Paser adalah tanah harapan masa depan. Tanahnya subur sehingga sangat potensial untuk pengembangan pertanian dalam arti luas dan tempat bergantung harapan dan cita-cita,” ujar Mukmin Faisyal di Masjid Agung Nurul Falah Tanah Grogot.

Dia melanjutkan, Paser juga memiliki keragaman seni budaya dan potensi pariwisata yang cukup banyak, sangat indah dan menawan. Pemprov Kaltim pada prinsipnya mendukung dan terus berupaya memberikan bantuan bagi suksesnya pembangunan di daerah ini.

Mukmin mengakui pembangunan infrastruktur baik jalan dan perumahan layak huni bagi masyarakat berkembang pesat. Termasuk upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti rumah sakit serta sarana pendidikan  maupun kebutuhan dasar lainnya.

Namun demikian ujar Mukmin, SDA dan besarnya potensi ekonomi tidak akan berarti apa-apa apabila pemerintahan tidak berjalan dengan baik. Sebaliknya, justru akan dapat berimbas pada nasib rakyat karena tidak mendapatkan perhatian dan layanan yang maksimal.

Karenanya, pemerintah, FKPD dan seluruh komponen dalam masyarakat saling dukung dan bekerjasama dengan baik untuk membawa Paser menuju situasi dan kondisi daerah yang lebih sejahtera, aman dan kondusif dari yang sudah dicapai selama ini.

“Bupati dan jajaran Pemkab Paser, saya harap melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan yang sinergis dengan pembangunan provinsi guna mewujudkan Kaltim sejahtera yang merata, berkeadilan berbasis agroindustri dan energi ramah lingkungan,” harap Mukmin.

Dalam agenda rencana pembangunan jangka menengah daerah Kaltim Maju 2013-2018, Pemprov Kaltim telah menargetkan pencapaian pembangunan prioritas yang dilakukan guna meningkatkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Tiga program prioritas yang ditetapkan yakni pembangunan sumber daya manusia melaui sektor pendidikan dan kesehatan, pembangunan infrstruktur baik jalan, jembatan, pelabuhan dan bandara serta pembangunan pertanian dalam arti luas.

“Pembangunan yang kami laksanakan tidak akan terlaksana dengan sukses tanpa dukungan semua pihak terlebih pemerintah kabupaten dan kota serta seluruh lapisan masyarakat Kaltim. Mari kita bersatu demi kemajuan Kaltim,” ajak Mukmin Faisyal.

Sebelum sholat isya dan tarawih bersama masyarakat di Masjid Agung Nurul Falah Tanah Grogot, Wagub Mukmin Faisyal dan rombongan Safari Ramadhan Pemprov Kaltim melakukan buka puasa bersama di rumah jabatan Bupati Paser.

Tampak hadir Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah dan Ketua DPRD Paser H Kaharuddin serta jajaran Pemkab Paser dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Paser. Wagub juga menyerahkan bantuan satu unit genset untuk Masjid Agung Nurul Falah Tanah Grogot.  (yans/sul/hmsprov)

///FOTO : Wagub Mukmin Faisyal saat memberikan sambutan pada Safari Ramadhan 1435 H Pemprov Kaltim di Masjid Agung Nurul Falah Tanah Grogot. (johan/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation