Mukmin : Momentum Instrospeksi Diri

Peringatan Tahun Baru Islam 1436 Hijriah

SAMARINDA- Peringatan Tahun Baru Islam 1436 Hijriah diharapkan dapat menjadi momentum instrospeksi diri. Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal HP saat peringatan Tahun Baru Islam 1436 Hijriah di Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda, Jumat malam (24/10), mengatakan, setiap pergantian waktu pasti akan mengandung hikmah dan tanda-tanda yang seharusnya dapat menyadarkan seluruh umat manusia. Menurut Wagub, semua ada perhitungan, yaitu mengukur sejauh apa setiap umat muslim mampu memanfaatkan waktu demi waktu yang berjalan ke arah yang bermanfaat. 

”Karena itu, inilah waktunya bagi kita untuk instrospeksi. Jika setahun lalu kita mampu mencapai prestasi terbaik, maka hal itu harus dipertahankan dan ditingkatkan. Bila tidak, maka saatnya kita bangkit. Mengawali tahun Baru Islam ini harus bisa jadi momentum kebangkitan Islam,” kata Mukmin Faisyal.

Dari kebangkitan tersebut, diharapkan umat muslim di Kaltim dapat bangkit memerangi kebodohan, penindasan, penjajahan dari intervensi bangsa asing, menegakkan keadilan, menciptakan keamanan, kedamaian dan kesejahteraan, meraih kejayaan dan cahaya kehidupan yang lebih terang benderang.

Kesadaran akan kebangkitan Islam hendaknya senantiasa ditanamkan pada generasi muda Islam agar senantiasa dalam keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, teguh pendirian dan cinta terhadap agama, masyarakat, bangsa dan negara.

“Pergantian tahun menyadarkan kepada kita pentingnya mengevaluasi apa yang sudah terjadi, apa yang menjadi prestasi atau keberhasilan, maupun yang menjadi kelemahan atau kekurangan untuk diperbaiki dan ditingkatkan di tahun mendatang,” jelasnya.

Meski banyak tantangan dan masalah yang dihadapi dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan, khususnya pembangunan di bidang keagamaan, selama ini Pemprov Kaltim bersama masyarakat mampu melaksanakan dengan baik.

Bahkan, patut diberikan apresisasi adalah Kaltim mampu mewujudkan kehidupan umat dan antar umat beragama yang semakin harmonis sehingga pembangunan yang direncanakan dapat diwujudkan tahap demi tahap dengan baik. 

“Kami sangat berterimakasih atas dukungannya sehingga roda pemerintahan dan jalannya pembangunan dapat kita laksanakan dengan baik menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera,” sambung Mukmin.

Masyarakat Kaltim juga diimbau untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan serta partisipasi dalam pembangunan. Baik pembangunan pro rakyat maupun dengan kepemimpinan nasional yang baru.

Dengan demikian, diharapkan seluruh umat beragama di Kaltim dapat menciptakan harmonisasi di lingkungan masyarakat dan daerah masing-masing, sehingga persatuan dan kesatuan semakin kokoh dan solid untuk bersama-sama menjalani hari-hari ke depan dengan penuh semangat dan optimisme yang tinggi. (jay/sul/hmsprov)

//Foto: Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal HP (kedua dari kiri) bersama Ketua DPRD Kaltim H Syahrun dan jamaah lainnya pada peringatan Tahun Baru Islam 1436 Hijriah. (humasprov kaltim).

 

Berita Terkait