Mukmin : Pegawai Teladani Sifat Rasulullah

SAMARINDA – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Korpri Unit Setdaprov  Kaltim hendaknya bukan kegiatan rutin semata tetapi harus mampu memberi hikmah dan perubahan prilaku yang lebih baik bagi jajaran pegawai di lingkup Pemprov Kaltim.
“Saya mengajak agar peringatan Maulid hari ini bukan sekadar melaksanakan tradisi atau rutinitas semata. Diharapkan  kita semua mampu mencontoh keteladanan yang telah ditunjukkan Rasulullah SAW,” ujar Wakil Gubernur H Mukmin Faisyal usai Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Halaman Kantor Gubernur, Jumat (17/1).
Rasulullah SAW sangat dicintai umatnya karena sebagai pemimpin besar dunia memiliki sifat utama shidiq (benar, jujur) lahir maupun batin dalam tindakannya berlaku bijak, arif dan bijaksana, serta dijalankan dengan istiqamah dan amanah (konsisten dan sangat dipercaya).
Selain itu, mampu mendalami dan merenungkan kembali riwayat kelahiran maupun kehidupan Rasulullah SAW. Sebab, Beliau adalah suami teladan, ayah teladan, guru teladan, tokoh teladan, ekonom teladan, pejuang teladan dan pemimpin (kepala negara) teladan.
Bahkan, keteladanan Nabi Muhammad SAW mampu mereformasi sistem dan tatanan yang telah terbentuk ke arah yang lebih baik dengan tujuan yang lebih mulia. Demikian halnya, para pegawai harus mampu mengikuti sifat disiplin yang dimiliki Rasulullah.
Sikap dan perilaku Nabi tidak hanya sekadar untuk diketahui semata akan tetapi diharapkan kepada seluruh semua umat Islam untuk mencontoh, menghayati dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Sehingga, mampu meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan yang oprimal bagi masyarakat. Selain itu, mampu bekerja keras, cerdas dan ikhlas dengan tujuan mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.
“Sifat-sifat yang dimiliki Rasulullah SAW  jelas menjadi contoh yang harus diteladani seluruh umat, terlebih lagi sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat seperti pegawai pemerintah yang tergabung dalam Korpri Kaltim,” jelas Mukmin.
Maulid sekaligus peringatan HUT ke-57 Provinsi Kaltim diisi tausiyah yang disampaikan Ustadz Dr Muhammad Yahya Waloni dirangkai dengan penyerahan trofi bagi juara pertama Festival Syair Habsy Muslim yang dimenangkan Kelompok Habsy Al Hikmah dan Kelompok Habsy Ar Rosyidah untuk juara pertama kelompok muslimah.(yans/hmsprov)  

//Foto: MAULID NABI. Wakil Gubernur H Mukmin Faisyal berbincang dengan Ustadz Dr Muhammad Yahya Waloni (kanan).(masdiansyah/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait