Mukmin : PPU Punya Potensi Besar

Safari Ramadhan ke PPU Serahkan Hibah Pemprov

PENAJAM – Saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka Safari Ramadhan 1436 Hijriah Pemprov Kaltim ke Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP berkesempatan menyerahkan bantuan hibah senilai Rp546 juta.

Hibah Pemprov yang diberikan kepada masyarakat dan lembaga itu terbagi dalam enam paket. Terdiri atas sarana ibadah/lembaga keagamaan/kesehatan sebesar Rp296 juta dan yayasan/lembaga pendidikan/ponpes/sekolah sebesar Rp250 juta.

Bantuan hibah diberikan kepada Kelompok Tani Suka Maju Kelurahan Rico sebesar Rp50 juta, Majelis Ta’lim Nurul Islam Desa Argo Mulya Rp25 juta dan Masjid Nurullah Desa Labangka Kecamatan Babulu sebesar Rp100 juta.

Hibah kepada panitia pembangunan Musholla Al Ma’arif Desa Argo Mulyo Kecamatan Sepaku sebesar Rp60 juta, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tunas Bangsa Desa Wonosari Sepaku senilai Rp250 juta dan Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Sesumpu Rp60 juta.

Menurut Wagub, bantuan berupa hibah yang diberikan Pemprov Kaltim bagi kelompok masyarakat dan lembaga serta sarana pendidikan sebagai upaya mendorong peningkatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat serta memberi kenyamanan dalam kegiatan ibadah masyarakat.

Menurut Mukmin, PPU merupakan daerah potensial untuk perkebunan sawit, pertanian tanaman pangan dan hortikultura, peternakan (ayam, sapi dan rusa) dan pariwisata karena memiliki Pantai Tanjung Jumlai yang indah dan beragam etnis dengan kekayaan seni budayanya.

“Kabupaten ini memiliki potensi yang besar dalam mendukung pengembangan dan pembangunan  pertanian Kaltim. Potensi di sini mampu mewujudkan PPU menjadi lumbung padi Kaltim bahkan nasional,” kata Mukmin Faisyal di Masjid Jami’ Al Fallah Petung, Sabtu (27/6).

Selain itu, Wagub mengungkapkan rasa bangganya atas kemajuan yang dilakukan jajaran Pemkab PPU pada sektor pembangunan pendidikan, sosial, agama, kesehatan, ekonomi serta pemberdayaan masyarakat dan kinerja pemerintah yang terus membaik.

Sementara itu Bupati PPU H Yusran Aspar mengharapkan dukungan pemerintah provinsi dan masyarakat PPU untuk ikut menyukseskan berbagai program pembangunan demi mewujudkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya minta masyarakat PPU ikut mendukung pelaksanaan pembangunan. Terlebih dukungan investasi. Tolong investor yang akan masuk jangan dihalang-halangi. Sebaiknya mari kita bukakan pintu yang sebesar-besarnya untuk percepatan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Yusran Aspar.

Ikut mendampingi Wagub saat Safari Ramadhan ke Kabupaten PPU para pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim, jajaran FKPD dan Pemkab PPU. Wagub juga berkesempatan memberikan bantuan pribadi untuk pembangunan Masjid Jami Al Fallah senilai Rp20 juta. Kegiatan diisi ceramah Ramadhan yang disampaikan KH Buchori Yusuf dari Jakarta.

Sebelumnya, Wagub Mukmin Faisyal juga melakukan Safari Ramadhan di Kota Balikpapan. Di Kota Selicin Minyak itu selain membantu penyelesaian Masjid Baitul Ilmi juga menyerahkan   dana hibah dari Pemprov  Kaltim kepada masyarakat, kelompok masyarakat, lembaga dan organisasi kemasyarakatan sebesar Rp30.840.000.000 yang secara simbolis diterima oleh Walikota Balikpapan. (yans/sul/es/hmsprov)

////Foto : Mukmin Faisyal (kanan) saat menyerahkan bantuan hibah Pemprov Kaltim kepada Bupati Yusran Aspar saat Safari Ramadhan Pemprov Kaltim ke PPU. (johan/humasprov)

 

Berita Terkait