Mukmin : Pramuka Lahirkan Generasi Mandiri dan Andal

Mukmin : Pramuka Lahirkan Generasi Mandiri dan Andal

 

SANGATTA–Revitalisasi gerakan kepanduan diharapkan mampu mendorong perkembangan dan kemandirian Gerakan Pramuka guna mempercepat keberhasilan pembentukkan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin yang andal, mandiri, jujur serta berakhlak mulia.

Harapan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal usai menghadiri sarasehan peringatan Hari Pramuka ke-53 yang dirangkai dengan  malam renungan dan ulang ikrar Tri Satya Bhakti Pramuka di Gedung Serbaguna Komplek Bukit Pelangi Sangatta, Selasa (2/9).

Era globalisasi dewasa ini menurut mantan Ketua DPRD Kaltim ini, penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun demikian manusia tetap merupakan faktor penentu paling utama. “Itulah pentingnya kita membangun manusia yang memiliki karakter, salah satunya melalui Gerakan Pramuka ini,” lanjut Mukmin Faisyal.

Wagub menambahkan, Gerakan Pramuka, bukan hanya membangun manusia atau generasi cerdas yang mampu menguasai ilmu pengetahuan, tetapi juga harus tangguh, memiliki kepribadian serta menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebab, generasi yang berkarakter serta jujur dan berakhlak mulialah yang diharapkan sanggup menghadapi tantangan globalisasi demi masa depan yang lebih baik

“Sehingga, Gerakan Pramuka tetap relevan dengan perkembangan jaman,” katanya.

Disebutkan, revitalisasi Gerakan Pramuka telah berjalan selama delapan tahun sebagai upaya untuk memantapkan eksistensi kegiatan kepanduan sekaligus meningkatkan fungsi gerakan nasional ini bagi generasi penerus.

Diakuinya, tantangan semakin berat seiring dengan semakin bertambahnya penduduk yang berimbas pada percepatan pertumbuhan masalah kaum muda.             “Pendidikan kepramukaan merupakan salah satu pilar pendidikan guna membentuk karakter generasi muda berdaya saing, berkualitas dan berakhlak mulia,” jelasnya.

Wagub mengemukakan saat ini generasi muda dihadapkan pada permasalahan sosial dan kebangsaan seperti penggunaan obat terlarang, pergaulan bebas, tawuran serta kriminalitas remaja. 

Selain itu, saat ini tidak bisa dipungkiri permasalahan kebangsaan juga sedang berlangsung,  dimana solidaritas sosial dan semangat kebangsaan kian memudar,  semangat bela negara dan persatuan kesatuan pun tidak lagi menjadi satu kebanggaan. Angka putus sekolah tinggi, sementara lapangan kerja sulit diisi akibat keterbatasan keterampilan sesuai kompetensi yang diharapkan perusahaan.

“Melalui gerakan kepanduan inilah kita akan membentuk generasi yang mandiri serta andal. Pemprov Kaltim telah melakukan berbagai program melalui kwartir daerah guna mendukung revitalisasi Gerakan Pramuka di Kaltim dan Kaltara,” tegas Mukmin Faisyal.   

Malam sarasehan peringatan Hari Pramuka ke-53 di Sangatta Kutai Timur (Kutim) dirangkai dengan pelantikan dan angkat sumpah Majelis Pimpinan Cabang Kutai Timur serta pengurus Kwartir Cabang Kutim periode 2011-2016.

Acara sarasehan tingkat provinsi Kaltim dihadiri Plt Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi dan Bupati Kutai Timur H Isran Noor serta Wakil Bupati H Ardiansyah Sulaiman dan jajaran Pemkab Kutim.

Tampak hadir  Deputi Bidang Revitalisasi Gerakan Pramukn Kementerian Pemuda dan Olahraga Zulbakhrum Tjengkreng dan Wakil Ketua Bidang Urusan Bina Muda Kwartir Nasional Suryadi serta Ketua Kwarda Kaltim HM Hatta Zainal.

Acara dilanjutkan Rabu pagi dengan Peringatan Hari Pramuka ke-53 di Halaman Kantor Bupati Kutim. Seluruh pejabat yang hadir pada malam sarasehan juga hadir pada acara peringatan.  (yans/sul/hmsprov)

Foto 1- 2

Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP memukul kentongan sebagai tanda dimulainya Perkemahan Wirakarya dalam rangkaian peringatan Hari Pramuka ke-53 Tahun 2014 di halaman Kantor Bupati Kutai Timur.  Wagub Mukmin Faisyal juga memimpin malam renungan dan ulang ikrar Tri Satya Bhakti, pada Selasa malam (2/9). (masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation