Mukmin : Raih Prestasi Terbaik

Pelepasan Kafilah Kaltim ke MTQ Nasional

SAMARINDA – Terhitung 42 juara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kaltim siap mengikuti MTQ tingkat nasional ke-25 di Batam, Kepulauan Riau, 4-14 Juni 2014. Saat acara pelepasan kontingen/kafilah MTQ Kaltim, Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal HP atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat mengharapkan para peserta musabaqah mampu mencapai prestasi terbaik di ajang nasional tahunan tersebut. 

“Harapan saya adalah harapan seluruh masyarakat agar peserta MTQ Kaltim mampu mencapai prestasi terbaik untuk dipersembahkan bagi keharuman dan kejayaan nama daerah,” harap Mukmin Faisyal di Ruang Tepian 2, Selasa (3/6).

Mukmin menyebutkan keikutsertaan Kaltim pada MTQ tingkat nasional telah menunjukkan capaian prestasi terbaik. Kehandalan qori dan qoriah asal daerah telah ditorehkan pada MTQ internasional yang digelar di beberapa negara.

Diantaranya, qori asal Kabupaten Paser Zarkasih  masuk dalam 10 besar dunia pada musabaqah tingkat internasional di Iran atau tepatnya juara ke-8 dari 72 negara peserta.

“Prestasi  Zarkasih sangat membanggakan kita semua sekaligus membuktikan para qori asal Kaltim ternyata mampu meraih prestasi di ajang internasional, sehingga membawa harum nama daerah bahkan bangsa dan negara,” jelas Mukmin.

Selain itu, melalui lomba MTQ menjadi pemacu sekaligus berupaya mendorong umat untuk menggali aspek yang terkandung dalam Al Qur’an baik aspek ilmu, etika, moral maupun aspek spiritual yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu Ketua Training Center MTQ Kaltim HM Elbadiansyah menyebutkan peserta MTQ tingkat nasional merupakan qori/qoriah serta hafidz/hafidzah serta para juara MTQ tingkat Provinsi Kaltim (Kaltara) di Sangatta Kutim pada Mei lalu.

“Peserta MTQ tingkat Nasional asal Kaltim ini adalah para juara MTQ ke-36 di Kutim yang berjumlah 42 orang.  Mereka mengikuti training center selama enam hari sejak 28 Mei hingga 3 Juni,” ujar Elbadiansyah.

Elbadiansyah menambahkan pada ajang MTQ nasioal di Batam ini peserta Kaltim mengikuti seluruh cabang lomba terdiri dari Tilawah Al Qur’an, Hafidz Al Qur’an, Tafsir Al Qur’an, Khattil Al Qur’an, Fahmil Al Qur’an, Syarhil Al Qur’an serta Makalah Al Qur’an.

Kafilah MTQ Kaltim berkekuatan 89 orang, terdiri dari peserta 42 orang, pendamping 8 orang serta pelatih 11 orang dan official 28 orang. Tampak hadir dalam acara pelepasan tersebut, Asisten Kesejahteraan Rakyat H Bere Ali dan Kakanwil Kemenag Kaltim H Saifi serta jajaran LPTQ Kaltim. (yans/sul/es/hmsprov)

///FOTO : Wagub Mukmin Faisyal didampingi Asisten Kesejahteraan Rakyat Bere Ali dan Kepala Kanwil Kemenag Kaltim H Saifi bersama kafilah MTQ Kaltim. (saiful/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation