Mukmin Yakin Harmonisasi Pemerintah Pasca Pilkada Serentak akan Lebih Baik

Mukmin  Yakin Harmonisasi Pemerintah Pasca Pilkada Serentak akan Lebih Baik

 

MAKASSAR – Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP optimis harmonisasi antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dan kota akan lebih baik paska pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, 9 Desember mendatang.

            Keyakinan Wagub Mukmin Faisyal tersebut disampaikan usai mengikuti pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi)  di Phinisi Ballroom Clarion Hotel Makkassar, Rabu (25/11) malam.

            Menurut Mukmin harmonisasi yang lebih baik antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dan kota dalam berbagai urusan akan membantu mempercepat pembangunan daerah dan secara langsung akan mendorong   laju peningkatan kesejahteraan masyarakat.

            “Saya  sangat  yakin, harmonisasi di Kaltim paska pilkada serentak akan jauh lebih baik.  Harmonisasi  yang saya maksud meliputi harmonisasi antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten dan kota, termasuk juga dengan pemerintah pusat serta legislatif di masing-masing tingkatan.  Muaranya adalah masyarakat menikmati dampak positif pembangunan dan kesejahteraan rakyatpun meningkat,” kata Mukmin Faisyal.

            Harmonisasi harus dilakukan pada semua bidang pembangunan, ekonomi, politik, sosial, keamanan, infrastruktur, pertanian, pendidikan, kesehatan dan lainnya.  Mukmin menambahkan, para bupati dan walikota terpilih tentu akan memiliki semangat baru dan jiwa korsa yang tinggi untuk membangun daerahnya menjadi lebih baik ke depan. Sebab itu, sinergi dan harmonisasi dengan pemerintah provinsi ini menjadi sangat penting dan harus dilakukan.

            “Para pemimpin baru nanti pasti memiliki semangat baru dengan korsa yang lebih kuat untuk membangun daerahnya. Secara keseluruhan tentu ini akan berdampak sangat baik untuk masyarakat Kaltim,” yakin Mukmin usai pembukaan Munas APPSI yang tahun ini mengangkat tema “Optimalisasi Peran Pemerintah Provinsi dalam Mempercepat Perwujudan Indonesia Sejahtera”.

            Sedangkan menyusul diberlakukannya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Wagub Mukmin Faisyal mengajak para bupati dan walikota terpilih nanti untuk dapat mengimplementasikan sejumlah perubahan dalam urusan pemerintahan, termasuk soal perijinan yang sebagian kewenangan diserahkan kepada gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah.

            Pemprov Kaltim sendiri lanjut Mukmin akan terus memberikan motivasi dan dorongan agar semua kabupaten dan kota berkembang lebih maju dan kualitas pelayanan publik terus bisa ditingkatkan.

“Tapi tentu, semua jajaran pemerintah provinsi harus memberikan contoh dan teladan yang baik terlebih dulu. Itu tanggung jawab kami,” tegas Mukmin.      

                        Sementara Presiden Jokowi saat membuka Munas APPSI tersebut memberi arahan agar semua pemerintah daerah mencermati  lima hal, yaitu, pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran, angka kemiskinan, inflasi dan ginie rasio atau kesenjangan ekonomi. Lima hal itu akan menjadi ukuran keberhasilan pembangunan oleh pemerintah di semua tingkatan.

            “Kita boleh bekerja keras, dari pagi sampe pagi, dari  pagi sampe pagi lagi. Tapi kalau lima hal ini tidak bisa kita kejar, ya percuma. Ini menjadi tugas kita bersama,” tegas Jokowi.

            Selain itu, Jokowi juga meminta para kepala daerah, mulai gubernur hingga bupati dan walikota agar terus mendorong masuknya investasi ke daerah demi percepatan dan pertumbuhan ekonomi daerah. Salah satunya dengan mempermudah proses perijinan.

            “Tapi ingat, gubernur, bupati dan walikota harus selektif. Yang kita dorong itu investasi padat karya, seperti pengembangan industri dan sejenisnya. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung masyarakat,” tegas Jokowi lagi.

            Munas APPSI sendiri secara aklamasi kembali memilih Syahrul Yasin Limpo, gubernur Sulawesi Selatan untuk memimpin APPSI menjadi ketua umum periode 2015-2019. (sul/hmsprov)

 

Foto : Wagub Mukmin Faisyal (dua dari kiri) berfoto bersama para gubernur se-Indonesia usai mengikuti Munas APPSI 2015 di Makassar, Sulawesi Selatan. Wagub yakin pasca pilkada serentak pemerintahan di daerah akan lebih harmonis.  (samsul/humasprov)

 

 

 

Berita Terkait
Kaltim Akan Meniru China
Kaltim Akan Meniru China

05 Juni 2013 Jam 00:00:00
Pembangunan

BERITA FOTO
BERITA FOTO

26 Juni 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan