Mukmin: Berikan Pelayanan Prima Pada Masyarakat

Pelantikan Dewan Pengawas BPD Kaltim

 

SAMARINDA – Saat melantik Anggota Dewan Pengawas Independen Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim, Mardeksyah Bajurie dan Direktur Pemasaran BPD Kaltim, Ismunandar Azis. Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal berharap agar lembaga perbankan milik pemerintah daerah ini terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Jajaran BPD Kaltim hendaknya terus meningkatkan kinerja terutama yang berkaitan dengan pelayanan terhadap nasabah dan masyarakat,” kata Mukmin Faisyal pada Pelantikan  Anggota Dewan Pengawas Independen dan Direktur Pemasaran BPD Kaltim serta peresmian Kantor Kas Cahaya Tiara Khusus Layanan Bankaltim Prioritas di Samarinda, Selasa (25/2).

BPD Kaltim yang merupakan lembaga perbankan milik pemerintah daerah saat ini telah menjelma menjadi bank kebanggaan masyarakat Kaltim. Sebab, hingga saat ini telah memberikan berbagai pelayanan dengan produk-produk perbankan terbaik.

Bahkan, lembaga perbankan ini telah berkomitmen untuk membangun kantor cabang di setiap kecamatan di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Kaltim dan Kaltara. Hal ini penting guna mendukung pertumbuhan perekonomian daerah dan masyarakat.

Kondisi makro ekonomi Kaltim tidak terlepas dari dampak perkembangan kondisi ekonomi dan non ekonomi seperti situasi politik dan keamanan dalam negeri relatif aman dan terkendali.

Krisis  finansial global mempengaruhi perekonomian Kaltim, terutama keuangan pada sejumlah bank dan berkurangnya kegiatan ekspor-impor. Namun secara umum perekonomian Kaltim tetap bertahan karena ditopang kekuatan ekonomi rakyat serta kalangan  dukungan dunia usaha dan perbankan.

Struktur perekonomian Kaltim hingga kini masih didominasi sektor-sektor yang berbasis sumber daya alam (SDA) baik sektor pertambangan, industri minyak bumi dan gas maupun sektor pertanian.

“Dewan pengawas beserta seluruh jajaran BPD Kaltim harus meningkatkan sinergitas dengan pemerintah daerah, terutama untuk membuat produk yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat guna mengakses permodalan melalui program kredit yang ditawarkan,” harapnya.

Dikemukakan, belakangan  ini sejumlah bank mulai banyak berdiri di kabupaten dan kota se-Kaltim, baik bank milik pemerintah maupun bank swasta nasional yang menandakan bahwa perekonomian di suatu daerah berkembang dinamis.

Kehadiran bank-bank tersebut dalam rangka memenuhi keperluan dana masyarakat. Seperti penyaluran kredit untuk usaha kecil dan menengah (UKM). Sementara dana yang terhimpun dari masyarakat bertambah banyak yang secara langsung memperkuat posisi keuangan perbankan.

Menjawab  tantangan masyarakat maka pihak perbankan harus terus mampu melakukan perbaikan pelayanan perbankan ke masyarakat. Hal  ini sudah dibuktikan BPD (Bankaltim) dengan membuka kantor-kantor cabang hingga ke seluruh kecamatan hingga daerah perbatasan.

Tidak terkecuali berupaya mengubah mindset (pola pikir) karyawan agar dapat melakukan jemput bola dalam memperoleh kepercayaan nasabah dan menyalurkan kredit kepada masyarakat yang memerlukannya.

“Pemprov Kaltim memberi apresiasi pada Bankaltim yang mempunyai terobosan dalam memberikan layanan pada para nasabahnya dengan mendirikan Kantor Kas Cahaya Tiara Khusus Layanan Bankaltim Prioritas,” ungkap Mukmin.

Pelantikan  Anggota Dewan Pengawas Independen BPD Kaltim Mardeksyah Bajurie dan Direktur Pemasaran Ismunandar Azis serta peresmian Kantor Kas Cahaya Tiara Khusus Layanan Bankaltim Prioritas dihadiri para bupati/walikota serta perwakilan nasabah BPD Kaltim. (yans/sul/es/hmsprov).

////FOTO : Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal menyaksikan penandatangan berita acara pelantikan oleh Anggota Dewan Pengawas Independen Mardeksyah Bajurie (dua dari kanan) dan Direktur Pemasaran BPD Kaltim, Ismunandar Azis (kanan).(fajar/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation