Mukmin: Demi NKRI Apapun Kita Korbankan

Pemprov Percepat Pembangunan Long Apari dan Sekitarnya

SAMARINDA–Menindaklanjuti kunjungan kerja Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP beserta jajaran Pemprov, DPRD dan TNI ke Long Apari, Mahakam Ulu (Mahulu), Pemprov Kaltim menggelar Rapat Koordinasi dengan Penjabat (Pj) Bupati Mahulu MS Ruslan beserta jajaran Pemkab Mahulu, di ruang Tepian I, Kantor Gubernur Kaltim, Senin (3/11).

Rakor tersebut membahas tentang sejumlah permasalahan terkait kebutuhan mendasar masyarakat yang telah didata selama kunjungan kerja Wakil Gubernur beserta jajaran Pemprov, diantaranya terkait telekomunikasi, transportasi, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur serta sosial ekonomi.

Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengungkapkan setelah berkunjung dan bermalam di Desa Tiong Ohang (ibukota Kecamatan Long Apari), dirinya ikut merasakan apa yang selama ini dirasakan masyarakat setempat. Fasilitas yang minim menjadi kendala utama bagi masyarakat di Long Apari.

“Kita harus segera melakukan percepatan pembangunan berbagai sarana dan prasarana untuk kepentingan masyarakat di Long Apari. Karena ini menyangkut perbatasan negara yang menjadi beranda terdepan. Untuk NKRI apapun kita korbankan dan itu harga mati. Kita prioritaskan. Dari kunjungan ini, kita harus segera bergerak, karena rakyat tidak butuh janji tetapi bukti,” ungkap Mukmin.

Menurut Mukmin, pembangunan sektor pendidikan dan pelayanan kesehatan di Long Apari perlu mendapat perhatian serius. Pemprov Kaltim terus melakukan percepatan pelaksanaan program di Long Apari. Sektor kesehatan, Dinas Kesehatan Kaltim dalam waktu dekat akan membangun Depo Obat-obatan di kawasan Datah Dawai.

Demikian halnya untuk sektor pendidikan, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Mahulu, Pemprov Kaltim telah memberikan kuota bagi Mahulu sebanyak 1.030 orang untuk menerima beasiswa Kaltim Cemerlang.

“Manfaatkan beasiswa ini sebaik-baiknya. Anak-anak dari semua kecamatan di Mahulu, termasuk Long Apari bisa mendapatkan beasiswa untuk menempuh pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Setelah selesai pendidikannya, diharapkan bisa kembali dan mengabdi untuk pembangunan Mahulu,” pesannya.

Pada kesempatan itu, mulai dari pembangunan jalan, bandara, hingga fasilitas pendidikan dan kesehatan serta jaringan telekomunikasi dibahas secara jelas untuk kemudian ditindaklanjuti dengan penyelesaian di lapangan. Untuk itu, perlu ditingkatkan koordinasi dan komunikasi antara SKPD provinsi dengan kabupaten Mahulu untuk dapat membahas secara terperinci solusi dari setiap permasalahan.

Turut hadir, Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi MS, Kasrem 091/ASN Kolonel Kav Budi Edwar, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setprov Kaltim HM Sa’bani, Asisten Kesejahteraan Rakyat Bere Ali, Asisten Administrasi Umum Meiliana, GM Telkomsel Regional Kalimantan Thomas Anda Siaga dan pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim. (her/sul/es/hmsprov)

///FOTO : Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP menjawab sejumlah pertanyaan wartawan terkait perceptan pembangunan di kawasan Long Apari dan sekitarnya sebagai salah satu beranda NKRI.(fajar/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation