Mukmin: Jangan Ada Euforia Berlebihan

Pasca Pemilukada Serentak Kaltim 2015

SAMARINDA – Pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) serentak  di Kaltim 9 Desember lalu berjalan aman dan lancar. Walaupun diakui masih ada riak-riak kecil buah pesta demokrasi namun diharapkan tidak menjadi pemicu konflik.

"Kalah menang itu hal biasa dalam setiap pertarungan. Namun tetap dalam suasana yang kondusif  dan bagi pemenang jangan ada euforia (perasaan sangat bahagia atau gembira) yang berlebihan," kata Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP, pekan lalu.

Sebab lanjut Mukmin, pertarungan dalam pemilukada bukan untuk mencari sang juara. Tetapi masyarakat menyalurkan hak suaranya agar terpilih pemimpin yang bisa dipercaya dan mampu mengayomi rakyatnya.

Sang pemenang dan seluruh pendukungnya diimbau agar tidak menggelar perayaan berlebihan. Sebaliknya, mereka harus mempersiapkan program-program pembangunan yang lebih pro rakyat.

Selain itu, kemenangan itu hendaknya menjadi cambuk untuk memotivasi sekaligus membuktikan janji-janji politik. Utamanya, melaksanakan visi misi yang telah disampaikan dalam masa kampanye lalu.

"Siapapun tidak ada hak melarang orang merayakan kemenangan. Tetapi, sebaiknya kemenangan itu menjadi peringatan awal.  Bagaimana masyarakat masih memberikan kepercayaan yang begitu besar bagi dirinya untuk dilaksanakan secara amanah," jelasnya.

Apalagi, masyarakat masih sangat besar berharap para pemimpin dapat memajukan daerah terlebih menyejahterakan masyarakat. Khususnya, mengimplementasikan program pembangunan yang pro rakyat.

"Kita berharap siapa saja yang telah terpilih menjadi kepala daerah baik bupati/wakil bupati maupun walikota/wakil walikota, tetaplah memiliki jiwa yang bijaksana dan mampu mengayomi seluruh masyarakatnya," harap Mukmin Faisyal.

Dia menambahkan para kepala daerah terpilih ke depan harus mampu menciptakan program pembangunan yang lebih baik. Terutama kegiatan yang tidak semata mengandalkan eksploitasi sumber daya alam (SDA).

"Pemerintah telah menetapkan berbagai program pembangunan yang ramah lingkungan serta pengelolaan SDA yang dapat diperbarui. Pembangunan pertanian dalam arti luas telah menjadi program prioritas pembangunan daerah harus kita sukseskan," ungkap Mukmin Faisyal.  (yans/sul/hmsprov)

//Foto: Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP ketika meninjau jalannya pemilukada di Kota Balikpapan. (syaiful/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait