Mukmin: Karate Harus Bangkitkan Olahraga Kaltim

Pelantikan Pengda Shoto-Kai Kaltim

BALIKPAPAN – Dalam pelantikan Pengurus Daerah (Pengda) Shotokan Karate-Do Indonesia (Shoto-Kai) Kaltim dan Pengcab Shoto-Kai Balikpapan, Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal HP mengharapkan agar karate mampu membangkitkan seamangat keolahragaan di daerah.

“Pengurus  Shoto-Kai yang baru dilantik segera menyusun program yang tepat dan terarah serta terpadu guna mempersiapkan atlet yang mampu mendorong bangkitnya prestasi olahraga Kaltim,” harap Mukmin Faisyal, Minggu (1/6).

Terutama dalam persiapan menghadapi berbagai event atau kejuaraan baik level regional, nasional dan internasional. Karena selama ini cabang olahraga karate telah memberikan prestasi gemilang dan membawa nama Kaltim cukup dikenal di dunia olahraga.

Secara intensif melaksanakan penataran, pelatihan untuk para pelatih, wasit, pembinaan kesehatan dan perbaikan gizi atlet termasuk metedologi ilmu dan pengetahuan tentang kiat-kiat memenangkan suatu pertandingan.

Seluruh program harus dikelola dan ditangani bersama dengan pihak terkait baik pemerintah, pengusaha maupun sponsor.  Bersikap kreatif dan inovatif serta mampu menyusun program dalam mencari dukungan dana maupun prasarana dan sarana perguruan.

Selain itu Mukmin mengimbau agar jajaran pengurus terus melakukan pengenalan atau pemasyarakatan olahraga Shoto-Kai. Tidak terkecuali mencari bibit-bibit baru ke sekolah dan masyarakat kabupaten dan kota bahkan sampai di pelosok maupun daerah pedalaman. 

Dia meyakini dengan pembinaan dan perhatian yang lebih baik pada cabang olahraga karate ini, maka akan lahir para atlet Shotokan yang mampu mengukir nama baik daerah bahkan berprestasi gemilang di  berbagai ajang kejuaraan.

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Pusat Shoto-Kai Sihang Fransiskus Fernando mengemukakan karateka Shoto-Kai akan membentuk pribadi atau generasi yang memiliki mental dan jiwa sehat serta santun atau pribadi yang sehat jasmani dan rohani.

“Ada anggapan kalau karate ini hanya untuk berkelahi. Padahal, belajar ilmu bela diri ini untuk olahraga atau kesehatan diri. Selain  juga mampu berprestasi dan membawa harum nama daerah di tingkat regional, nasional bahkan internasional,’ ujar Sihang Fransiskus Fernando.

Memimpin Pengda Shoto-Kai Kaltim Badrun Yusuf dan Pengcab Shoto-Kai Balikpapan Badarani Yusuf. Tampak hadir Sekjen Pengrus Pusat Shoto-Kai Damayanti Sri Lestari dan Asisten III Pemkot Balikpapan dan Wakil Ketua KONI Kaltim.(yans/es/hmsprov).

////FOTO :  Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal HP memberikan ucapan selamat kepada sejumlah anggota Pengda Shoto-Kai Kaltim.(fadjar/humasprov)

 

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation