Mukmin: Manfaatkan Bantuan Sebaik Mungkin

Peringatan Hari Nusantara XIV

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal mengatakan, pemerintah pusat sudah memberikan perhatian yang cukup baik kepada para nelayan dan warga pesisir di kabupaten dan kota di Kaltim. Perhatian pemerintah pusat itu salah satunya diberikan dalam bentuk bantuan alat tangkap ikan dan bantuan perikanan lain yang diberikan dalam rangkaian peringatan Hari Nusantara XIV.  Dia berharap agar berbagai bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi peningkatan perekonomian nelayan.
"Bantuan ini adalah motivasi yang sangat baik untuk mengembangkan potensi kelautan Kaltim. Harapan berikutnya, tingkat kemiskinan akan menurun dan terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir," kata Wagub  Mukmin Faisyal usai menjadi inspektur upacara Hari Nusantara XIV di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (30/12).  
Tahun ini terdapat sejumlah bantuan yang diberikan kepada para nelayan di 11 kabupaten dan kota di Kaltim. Salah satu bantuan yang diberikan adalah kapal tangkap berkapasitas 30 gross ton (GT) yang diberikan kepada sejumlah kabupaten dan kota. Kapal ini juga bisa digunakan untuk membantu pengawasan perairan Kaltim  dari masuknya nelayan-nelayan asing.
"Kapal tersebut juga bisa digunakan untuk membantu pengamanan perbatasan bersama pihak berwajib. Mengingat laut kita yang sangat luas,  nelayan kita juga bisa dilibatkan untuk mengurangi illegal fishing maupun penyelundupan," ujarnya.
Bantuan diberikan masing-masing untuk Kota Balikpapan meliputi PUMP- perikanan tangkap untuk delapan Kelompok Usaha Bersama (KUB),  satu  unit kapal 30 GT, lima unit kapal ukuran 5 GT, 300 unit alat tangkap bubu,  empat  unit sepeda motor roda tiga.
Kota Bontang mendapat PUMP perikanan tangkap untuk 14 KUB, 1 kapal 30 GT, 3 kapal 5 GT,  alat tangkap giil net 100 unit, mesin kapal 15 unit, mesin ketinting 50 unit dan 2 sepeda motor roda tiga.
Kabupaten Kutai Kartanegara menerima 16 PUMP-perikanan tangkap  untuk 16 KUB, 1 kapal 30 GT,  7  kapal  5 GT,  mesin ketinting 5 unit, alat tangkap ikan giil net 100 set, perahu dan alat tangkap 5 unit dan mesin kapal 10 unit.
Untuk Kabupaten Paser diberikan PUMP-Perikanan tangkap untuk 8 KUB, kapal 5 GT 5 unit, mesin ketinting 5 unit,  alat tangkap giil net 100 set, perahu mesin ketinting dan alat tangkap 5 unit, alat tangkap purse seine  1 unit, sepeda motor roda tiga 2 unit.   
Sedangkan untuk Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU) bantuan diberikan berupa PUMP-perikanan tangkap untuk 8 KUB, kapal 5 GT 5 unit, alat tangkap giil net 25 unit,  alat tangkap purse seine 3 unit.
Bantuan untuk Kabupaten Berau, PUMP-perikanan tangkap untuk 8 KUB,  kapal 5 GT  5 unit, alat tangkap gill net 25 unit dan alat tangkap purse Seine 1 unit.
Bantuan untuk Kota Samarinda berupa PUMP-Perikanan Tangkap untuk 8 KUB, kapal 30 GT 1 unit, kapal  ukuran  5 GT  3 unit, sepeda motor roda tiga  4 unit.
Untuk Kabupaten Kutai Barat, mesin ketinting 10 unit, kapal 30 GT 2 unit, Nunukan PUMP-perikanan tangkap untuk delapan KUB, kapal 30 GT 2 unit. Kabupaten Bulungan PUMP-Perikanan Tangkap 18 Unit dan  kapal 30 GT  2 unit. Sedangkan  Kabupaten Kutai Timur mendapatkan PUMP-Perikanan Tangkap 6 KUB, kapal 30 GT  1 unit dan sepeda motor roda tiga 2 unit. (sar/hmsprov)

//// FOTO : Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal bertindak sebagai inspektur upacara memperingati Hari Nusantara XIV.(johan/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation