Mukmin: Swasta Harus Berperan Kembangkan Buah dan Sayur di Kaltim

Deklarasi Cinta Buah dan Sayur Nusantara

BATUAH - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP melanjutkan kampanye cinta buah dan sayur nusantara. Seruan kepada masyarakat Kaltim agar lebih gemar mengkonsumsi buah dan sayur nusantara disampaikan saat digelar Deklarasi Cinta Buah dan Sayur Nusantara di Balai Benih Induk (BBI) Hortikultura Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim di Desa Batuah Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara, Sabtu (12/4).

Menurut Mukmin Faisyal, deklarasi cinta buah dan sayur nusantara tersebut harus menjadi momentum untuk meningkatkan komitmen semua pihak agar lebih gemar mengkonsumsi dan mencintai buah dan sayur nusantara, terutama sayur dan buah yang ditanam dan tumbuh baik di Kaltim.

Mukmin berharap dukungan swasta dalam pengembangan bisnis pertanian. Dia meyakini peran swasta dalam pengembangan budidaya buah dan sayur nusantara hingga urusan pemasaran akan mendukung kampanye tersebut.

“Buah-buahan dan sayur nusantara sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia. Selain baik untuk kesehatan, juga bisa menjadi ladang usaha para petani, pekebun dan masyarakat pada umumnya. Karena itu, jika swasta bisa mendukung pengembangan budidaya ini akan lebih bagus. Pemprov Kaltim sudah pasti akan sangat mendukung,” kata Mukmin Faisyal.

Pemprov sangat mendukung upaya penggalakan gemar mengkonsumsi buah dan sayuran nusantara. Dia juga mengingatkan agar masyarakat semakin banyak menanam buah dan sayur di lahan-lahan produktif, sebagai hobi maupun untuk tujuan bisnis.

”Jika kita cinta dan gemar makan buah maka kita juga harus bersemangat menanam buah, khususnya buah-buahan lokal, yakni  pisang, nanas, buah naga, duku, pepaya mini, durian dan lai mahakam. Sehingga kita semua tidak selalu mengkonsumsi buah dari luar negeri, berupa jenis apel, anggur, strawberi, lengkeng Thailand dan pisang Manila,” jelasnya.

Menurut dia, sangat ironis jika generasi muda Kaltim tidak mengenal buah-buahan maupun sayur-sayuran lokal Kaltim, yang kini sudah dibudidayakan dengan baik. Saat ini buah dan sayuran nusantara juga bisa menjadi tanaman unggul yang mampu bersaing dengan tanaman daerah luar Kaltim.

”Karena itu, melalui kegiatan deklarasi cinta buah dan sayur nusantara hari ini saya berharap, kita semua dapat menaruh perhatian yang lebih serius dalam upaya pembudidayaan jenis-jenis tanaman lokal,” tegas Mukmin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim H Ibrahim mengatakan untuk meningkatkan daya saing buah dan sayuran lokal terhadap buah dan sayuran impor, budidaya buah dan sayuran harus dilakukan lebih baik. Sehingga tidak kalah menarik dibanding buah impor.

Saat ini beberapa tanaman lokal Kaltim nyaris punah, antara lain langsat dan manggis air putih, kapul, durian lahung, lai, maritam, tarap, keledang, pasak bumi, cempedak, anggrek hitam, anggrek tebu dan beberapa jenis pohon, buah-buahan, anggrek dan tanaman obat langka, serta sayur-sayuran yang tidak teridentifikasi jenis dan namanya.

Menurut dia, di Kaltim terdapat lahan kering dan lahan basah yang sangat luas yang dapat digunakan untuk pertanian tanaman buah-buahan, sayuran dan hortikultura. Sebagian lahan itu sudah dimanfaatkan. 

Untuk itu, perlu digerakkan kegiatan reboisasi dan penghijauan, menanam pohon atau jenis tanaman sayuran unggulan nusantara Kaltim.

”Yang jelas, bibit-bibit tanaman buah nusantara kita sudah banyak yang dipasarkan di pasar nasional, antara lain jeruk borneo prima asal Kutai Timur, nenas dari Samboja dan pepaya mini Balikpapan, termasuk lai Mahakam. Diharapkan dengan pengembangan budidaya yang dilakukan petani kita, buah dan sayuran impor dari luar tidak masuk lagi ke  daerah ini,” jelasnya.

Deklarasi cinta buah dan sayuran nusantara juga dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim H Rusmadi dan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kaltim M Sa’bani, Asisten Bidang Administrasi Umum Pemprov Kaltim H Sofyan Helmi dan sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kaltim, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kaltim. Deklarasi  juga membagikan 500 paket buah dan sayuran nusantara untuk masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Wagub juga menyerahkan bibit tanaman buah dan sayuran nusantara kepada sejumlah petani di Kaltim termasuk kepada Wakil Ketua I Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kaltim Hj Sarminah Mukmin Faisyal dan Plt Sekprov Kaltim H Rusmadi. Mukmin juga menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba kue, dengan bahan baku buah naga.(jay/sul/es/hmsprov).

////FOTO 1, 2 :  Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal mencicipi minuman dari olahan buah naga, Wagub menyerahkan bantuan kepada para petani setempat. (norjaya/humasprov kaltim)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation