Mukmin: Tingkatkan Semangat Kebersamaan dan Toleransi

Perayaan Hari Raya Waisak 2558 BE

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal HP atas nama Pemprov Kaltim mengucapkan selamat atas perayaan Hari Raya Waisak 2558 BE bagi seluruh umat Buddha di Kaltim dan perayaan ini dijadikan semangat untuk meningkatkan kebersamaan dan toleransi.

Seperti yang terkandung dalam perayaan Waisak tahun ini yakni pengembangan cinta kasih kepada setiap makhluk hidup, merenungi segala perbuatannya dan setiap saat selalu hidup dengan rasa cinta kasih tanpa kebencian.

Hikmah tersebut menurut Mukmin, sangat sesuai dengan keinginan masyarakat Kaltim agar daerah ini tetap terjaga dan terpelihara keamanan dan kedamaian, sehingga  semua umat beragama dapat melaksanakan aktivitas dan beribadah dengan baik.

“Marilah kita tingkatkan semangat kebersamaan dan saling menghormati antar sesama umat beragama, terlebih dalam perayaan Hari Raya Waisak kali ini. Karena kebersamaan dan saling menghormati itu mampu membawa Kaltim lebih damai,” ujar Mukmin Faisyal, Jumat (16/5). 

Terlebih lagi dalam memasuki masa-masa tahun politik atau menjelang pelaksanaan pesta demokrasi untuk pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) yang akan digelar pada Juli mendatang hendaknya daerah ini tetap kondusif.

Sehingga dengan semangat perayaan Hari Raya Waisak maupun perayaan keagamaan bagi umat beragama lainnya ini jiwa toleransi dan saling menghargai serta saling menghormati sesama umat dan antar umat beragama mampu menciptakan Kaltim lebih damai.

Selain itu, Kaltim termasuk Kaltara ini sudah dikenal sebagai daerah yang dihuni multi etnis (heterogen) dan multi agama tetapi keamanan dan kedamaian tetap terpelihara walaupun pernah beberapa kali diuji dengan terjadinya konflik (perselisihan) antar masyarakat.

“Kita patut bersyukur masih memiliki dan menjunjung tinggi sikap toleransi antar sesama umat beragama di Kaltim. Sikap ini merupakan dasar kehidupan bermasyarakat dan  modal dasar bagi pemerintah untuk meningkatkan kehidupan masyarakat lebih baik dan sejahtera,” kata Mukmin.(yans/es/hmsprov)

////FOTO :  H Mukmin Faisyal HP

Berita Terkait
Government Public Relation