Mulai Hari Ini SMAN 10 Buka PSB

*Hari Pertama 20 Calon Siswa Mendaftar

 

SAMARINDA-Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 10 Melati Samarinda membuka penerimaan siswa/siswi baru (PSB) pada  tahun pembelajaran 2013/2014. Pendaftaran sudah dibuka  mulai hari ini  Jumat (28/3) hingga 31 Maret mendatang.

            “Sejak pendaftaran dimulai hari ini, sudah ada 20 orang calon siswa yang mendaftar. Pendaftar pasti akan terus bertambah mengingat waktunya masih panjang,” kata Kepala Sekolah SMAN 10 Melati, Armin  didampingi  Waka Kesiswaan juga Ketua Pelaksana Sidik Purnomo,Mpd saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (1/3).

            Dijelaskannya, para calon siswa yang akan diterima harus mealui proses seleksi secara ketat di  sekolah unggulan ini. Siswa yang diterima adalah siswa berprestasi.  Diharapkan  para calon siswa segera mendaftar sebelum 30 Maret,

“Perlu dicatat bahwa sejak proses pendaftaraan hingga mengikuti pendidikan,  siswa tidak dipungut biaya alias gratis,” ungkapnya.

Penerimaan dilakukan melalui dua jalur, yakni jalur undangan dan jalur tes.             Kriteria calon siswa yang melalui  jalur undangan harus memiliki prestasi dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau lomba akademik minimal peringkat III tingkat kabupaten/kota, dibuktikan fotokopi sertifikat. Setelah seleksi berkas, diumumkan calon siswa baru yang akan masuk ke tahap wawancara dengan melampirkan persyaratan lainnya.

Persyaratan lain itu meliputi surat keterangan berkelakuan baik, tidak terlibat kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba dari sekolah asal, fotokopi kartu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang dilegalisir, pas photo pakaian seragam anak sekolah ukuran   2 x 3 sebanyak 2 lembar, surat keterangan/sertifikat yang pernah diperoleh selama mengikuti pendidikan di SMP/MTs. (jika ada).    Surat keterangan/sertifikat asli juara 1 OSN tingkat kota/kabupaten (khusus pola Smaridasa OSN)  dan foto copy kartu keluarga. 

Sedangkan PSB melalui jalur tes dengan kriteria,  calon siswa baru berasal dari SMP atau MTs di wilayah Kaltim. Dijelaskan, pada jalur tersebut, dilakukan beberapa tahap, yakni seleksi administrasi dan tes tertulis yang meliputi tes kemampuan dasar, meliputi Mematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, tes kemampuan IPA, dan tes kemampuan IPS. Syarat jalur tes, di antaranya nilai rapor mulai semester I sampai V untuk mata pelajaran IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, minimal 75. (sar/hmsprov).

Berita Terkait