Musda VIII Korpri Kaltim

SAMARINDA – Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) sebagai organisasi yang beranggotakan pegawai negeri sipil (PNS), harus mampu meningkatkan kesejahteraan juga dapat mengayomi (melindungi) anggota.

Harapan itu disampaikan Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP pada peembukaan  Musyawarah Daerah VIII Korpri Kaltim di Pendopo Lamin Etam, Kamis (17/3).

Menurut dia, momentum Musda dapat dimanfaatkan untuk  pengembangan Korpri sebagai wadah pengayom guna membina dan melindungi seluruh PNS di Kaltim. “Organsiasi ini harus  terus berupaya memperjuangkan hak-hak anggota  sekaligus membina dan memotivasi kerja untuk peningkatan karir secara netral dan tidak diskriminatif,” kata Mukmin Faisyal.

Selain itu, Korpri wajib menyukseskan program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang ditetapkan pemerintah. Gerakan ini menurut Mukmin, untuk peningkatan kinerja dan pelayanan serta pengabdian pegawai kepada negara dan  masyarakat.

Karena itu, perlu pembenahan internal serta mengkaji ulang sejauh mana fungsi dan peranan Korpri selama lima tahun terakhir. Terpenting lanjutnya,  apa saja yang telah dilaksanakan serta disumbangkan bagi kepentingan masyarakat di daerah ini.

Selaku penyelenggara umum pemerintahan dan pembangunan,  menurut dia Korpri dituntut berperan aktif menyikapi kondisi, situasi dan perubahan lingkungan strategis berlandaskan semangat reformasi untuk mewujudkan kesejahteraan.

“Selaku unsur aparatur negara dan abdi masyarakat, Korpri memiliki kewajiban dan tanggung jawab dalam menyelenggarakan tugas umum pemerintahan dan pembangunan bagi kepentingan masyarakat,” ungkap Mukmin Faisyal.

Sementara itu Ketua Dewan Pengurus Korpri Kaltim H Irianto Lambrie mengemukakan jajaran Korpri harus menjunjung tinggi kesetiaan dan pengabdian kepada bangsa dan negara termasuk sesama jajaran korpri.

“Korpri Kaltim ke depan harus memberikan pelindungan penuh bagi seluruh anggota. Meningkatkan kualitas SDM serta kesejahteraan PNS. Terpenting anggota Korpri harus memiliki jiwa dan semangat kesetiaan,” ujar Irianto Lambrie.

Musda Korpri VIII diikuti 200 peserta dari jajaran DP Kopri Kaltim, instansi vertikal, unit Korpri Korem 091 Aji Surya Natakesuma dan Polda Kaltim serta perguruan tinggi. Dalam  kegiatan tersebut dihadiri Kepala Biro Hukum DPN Korpri, Mahendra. (yans/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait