Musprov dan Pelantikan DPP HKTI Kaltim, Gubernur : Gandeng Swasta Berdayakan Petani

Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Ichwansyah dan Erwin Tobing bersama DPP HKTI Kaltim.(seno/humasprov kaltim)

 

SAMARINDA - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) sebagai organisasi para pelaku pertanian hendaknya mampu membangun dan bersinergi dengan pihak swasta dalam memberdayakan petani. Hal itu ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dalam sambutan yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Ichwansyah pada Musyawarah Provinsi dan Pelantikan Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kaltim  di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu, Sabtu (24/3).

 

Menurut dia, HKTI harus mengoptimalkan potensi yang ada dan salah satunya bersinergi dengan pihak swasta untuk memaksimalkan kegiatan pertanian. "Terpenting bagaimana memberdayakan sekaligus membina petani agar lebih produktif serta mengurangi menurunnya jumlah rumah tangga petani dengan melakukan perubahan fundamental dalam kegiatan pertanian di Kaltim," katanya.  

 

Pihak swasta lanjutnya, memegang peran sangat penting terutama mendukung program dan kegiatan pertanian yang dilakukan pemerintah terlebih saat anggaran pemerintah masih terbatas baik APBN maupun APBD. Dia menyebutkan saat ini Kaltim memiliki lahan potensial tanaman pangan dan hortikultura sekitar 412.095 ha dari luas lahan pertanian 3,7 juta ha. Namun dari potensi lahan tersebut untuk areal fungsional lahan pertanian pangan tersedia mencapai 166 ribu ha sedangkan lahan yang tergarap baru sekitar 69.830 ha.

 

Sementara itu sistem pengairan yang telah dimanfaatkan sekitar 17.763 ha dari 53.110 ha potensi yang telah terbangun atau 33,5 persen. "Dari luas tanam kita sebesar 69.830 ha yang teraliri sistem pengairan hanya sekitar 14.985 ha atau 21,46 persen. Kondisi ini haruslah menjadi fokus HKTI dalam upaya ikut mendukung percepatan swasembada pangan (beras)," harapnya. Kepengurusan DPP HKTI Kaltim periode 2017-2022 dipimpin Rusli Yus dan hadir Wakil Ketua Umum DPN HKTI Irjenpol (purn) Erwin Tobing. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait