Musrenbang Kaltim 2020 Isran : Kita Fokus Pemulihan Ekonomi dan Sosial

Foto : Dok. Humas

SAMARINDA – Karena pandemi virus corona (Covid-19), Pemprov Kaltim terpaksa menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Kaltim Tahun 2020 secara virtual.

 

Musrenbang dalam rangka Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kaltim Tahun 2021 tersebut dipimpin langsung Gubernur Kaltim H Isran Noor dari Ruang Heart Of Borneo Lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Selasa (28/4/2020).

 

Terkait finalisasi RKPD Kaltim tahun depan, orang nomor satu Kaltim ini minta agar dilakukan antisipasi terhadap kemungkinan pelemahan ekonomi global, nasional dan lokal sebagai dampak pandemi Covid-19.

 

"Program dan kegiatan untuk pemulihan ekonomi dan sosial harus mendapat perhatian khusus dengan mengedepankan sinergitas pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota," tegas Isran Noor.

 

Kemudian tentang pokok-pokok pikiran yang disampaikan Ketua DPRD Kaltim H Makmur HAPK, Gubernur Isran Noor minta agar dapat disinkronkan dengan usulan program pembangunan kabupaten/kota yang telah dihimpun dari Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang Kabupaten/Kota.

 

"Saya minta agar koordinasi dan sinergitas semakin ditingkatkan, baik dengan pemerintah pusat, antarperangkat daerah di provinsi maupun kabupaten kota. Kemajuan teknologi dan informasi harus kita gunakan untuk mempercepat koordinasi dan meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di Kaltim," harapnya.

 

Musrenbang via video conference menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, diikuti Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK dan anggota, Anggota DPR RI Dapil Kaltim H Awang Faroek Ishak, jajaran Forkopimda, bupati/walikota se-Kaltim, pimpinan instansi vertikal, perguruan tinggi dan swasta.

 

Musrenbang di masa pandemi Covid-19 ini bertema “Menumbuhkan Industri Hilir yang Mendukung Ekonomi Kerakyatan dan Ekonomi Kawasan”.

 

Hadir mendampingi Gubernur Isran Noor, Plt Sekdaprov Kaltim HM Sa'bani, Asisten Administrasi Umum HS Fathul Halim dan Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Abu Helmi, Kepala Bappeda Kaltim Iman Hidayat, Kepala BPKAD HM Sa'aduddin, sejumlah kepala biro dan pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim. (yans/sul/adv)

Berita Terkait