Mutlak, Data Lengkap dan Akurat

SAMARINDA – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Dr H Rusmadi, mengatakan informasi merupakan data yang sangat penting sebagai dasar dalam merencanakan program pembangunan yang berkualitas, selain itu kebutuhan untuk mendapatkan informasi tidak dapat dipisahakan dari perencanaan pembangunan.
Ketersedian data yang lengkap dan akurat, menurut dia, menjadi hal mutlak di seluruh sektor untuk mendukung kebutuhan perencanaan pembangunan maupun guna memacu daya saing ekonomi daerah Kaltim, sehingga pada era globalisasi informasi ini dibutuhkan informasi yang aktual dan faktual.
“Data ibarat bahan baku, setelah diolah dapat menghasilkan informasi, sebagaimana kebutuhan kita yang cukup tinggi akan informasi yang aktual dan faktual di tengah arus globalisasi informasi tanpa batas,” ujar Rusmadi, di Samarinda belum lama ini.
Untuk itu, lanjut dia, penyelenggaraan sinkronisasi dan konsolidasi data agar lebih sering dilakukan baik pada level provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan sehingga perencanaan pembangunan nantinya lebih tepat guna dan tepat sasaran karena didukung data-data yang lebih akurat.
Selain itu, Rusmadi yang juga selaku Plt Sekprov Kaltim meminta agar sinkronisasi dan konsolidasi data juga dilakukan kabupaten/kota dengan SKPD terkait, seperti data kesehatan, pendidikan dan keagamaan. Demikian halnya dengan data panjang jalan dan jembatan sesuai dengan kewenangannya agar dapat diinformasikan kepada kabupaten/kota.
Selanjutnya, sinkronisasi data luas wilayah antara kabupaten/kota dan provinsi, jumlah penduduk mengacu pada data BPS Kaltim, data tata guna hutan, data jumlah kendaraan bermotor dan data lainnya.
 “Sinkronisasi dan konsolidasi data-data tersebut dilakukan dalam rangka mendukung visi Kaltim Maju 2030 yaitu Green Growth Development. Selain itu, perlu dikembangkan data statistik pendukung dalam rangka One Data One Map diseluruh kabupaten/kota,” tegasnya.
Untuk meningkatkan kualitas dan pemahaman data “Daerah Dalam Angka” dan PDRB dalam rangka membangun kepedulian terhadap data guna meningkatkan good governance, Rusmadi menilai perlu diselenggarakan pelatihan/sosialisasi Statistik (Statistic Capacity Building) bagi aparatur pemerintah/SKPD kabupaten/kota melalui Bappeda dan BPS masing-masing daerah. (her/hmsprov).
 

Berita Terkait