Nagara Rimba Nusa, Juara Desain IKN

Sayembara lomba desain ibu kota negara (IKN) baru telah usai. Lima konsep desain ditetapkan pemenang 1, 2, 3, harapan 1 dan harapan 2. Pemenang dipilih setelah melalui rangkaian penjurian dan presentasi akhir di hadapan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

 

Konsep desain yang bertema "Nagara Rimba Nusa" ditetapkan sebagai pemenang sayembara atau juara pertama yang diumumkan oleh Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Imam Ernawi Santoso dan disaksikan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di Auditorium Kementerian PUPR, Senin (23/12/2019) pagi. 

 

Desain ini dibuat oleh Urban+, perusahaan yang didirikan Sofian Sibarani, dan berhak menerima hadiah sebesar Rp2 miliar. Juara kedua desain bertema “The Infinite City” mendapatkan hadiah sebesar Rp1,25 miliar. Juara ketiga yakni desain bertema “Kota Seribu Galur” mendapatkan hadiah Rp1 miliar.

 

Dua finalis lainnya mendapatkan gelar juara harapan I dengan konsep desain bertema “Zamrud Khatulistiwa”, berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp500 juta. Sedangkan harapan II adalah desain bertema “Benua Rakyat Nusantara” mendapatkan hadiah sebesar Rp250 juta. Masing-masing juara juga mendapatkan piagam penghargaan dari Menteri PUPR.

 

"Hari ini saya bahagia, senang dan terharu. Di ruangan ini sudah terpilih 5 juara gagasan desain IKN yang akan membuat sejarah baru bagi Indonesia. Kita akan memulai suatu pekerjaan yang besar, yaitu memindahkan Ibu Kota Negara (IKN),” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. 

 

Mengutip pesan Presiden RI Joko Widodo bahwa, gagasan yang dilahirkan tidak hanya baik, namun juga harus memberikan diferensiasi (pembeda) dengan negara-negara lain di dunia. Dari 755 peserta yang mengikuti sayembara ini, sampai batas akhir 29 November 2019, ada 292 peserta yang memasukan desain ibu kota negara yang cerdas, hijau, indah, modern dan berkelanjutan.

 

“Sebanyak 257 karya dari 292 dinyatakan lulus evaluasi administrasi. Selanjutnya pada tahap penjurian 9 sampai 13 Desember dipilih 30 karya melalui mekanisme voting dan tahap akhir dipilih lima karya terbaik melalui sistem scoring berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan," jelas Direktur Jenderal Cipta Karya, Danis H Sumadilaga juga selaku Ketua Tim Pelaksana Sayembara IKN. (her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait