Negara Perlu Aparat Profesional dan Berkarakter

SAMARINDA – Negara dan masyarakat memerlukan aparatur (pegawai negeri sipil/PNS) yang memiliki kompetensi, berkarakter serta profesional. Penegasan Gubernur Kaltim itu disampaikan Staf Ahli Bidang Pertanian, SDA dan Lingkungan Hidup, Marlon Ivanhoe Aipassa pada pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan CPNS Golongan III dan II di Auditorium Badan Diklat Kaltim, Selasa (15/3).

Menurut dia, melalui Diklat khususnya prajabatan akan terbentuk PNS atau aparatur sipil negara (ASN) yang profesional, berkepribadian, terampil serta berwawasan sehingga mampu melaksanakan tugas secara optimal.

“ASN harus berkarakter dan profesional, sehingga mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan optimal serta melayani masyarakat secara prima,” katanya.

Kemampuan dan profesionalitas yang dimiliki mampu menjawab segala perubahan dan tantangan kinerja aparatur yang semakin komplek. Terutama memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Selain itu, karakter PNS itu akan menjadikan dirinya contoh bagi lingkungan kerja serta masyarakat sekitarnya.

“Dari diklat ini diharapkan terbentuk agen-agen perubahan yang berjiwa mengabdi kepada negara dan melayani masyarakat. Penyelenggaraan negara harus terukur  dan terlaksana dengan baik. Sebab itulah diperlukan aparatur yang memiliki nilai-nilai dasar PNS,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Penjenjangan Badan Diklat Kaltim Eddy Sofyan menyebutkan Diklat Prajabatan golongan III formasi umum angkatan I dan II diikuti 64 CPNS lingkup Pemprov Kaltim yang dilaksanakan 33 hari sejak 15 Maret – 26 April.

Sedangkan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan I Kelas Pemerintah Kabupaten Kutai Barat diikuti 30 PNS dilaksanakan selama 97 hari sejak 15 Maret – 1 Juli 2016. Tampak hadir Kepala Badan Diklat Kaltim H Syafruddin Pernyata dan Kepala BKD Kutai Barat Martinus. (yans/sul/es/hmsprov) 

Berita Terkait