Non ASN Wajib Ketahui Teori Kesan Awal


SAMARINDA - Bersilaturrahmi dengan tenaga non ASN atau tenaga kontrak di lingkup Biro Umum Setprov Kaltim, Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi mengingatkan mereka wajib mengetahui teori kesan awal.

Menurut Hadi, setiap manusia dalam kehidupan selalu berinteraksi kepada siapa saja. Karena itu, perlu adanya belajar berkomunikasi yaitu diawali dengan kesan yang baik.

"Makanya, apabila kesan awal baik, tentu siapa saja yang ditemui akan merasa senang dan nyaman. Terutama staf di Biro Umum yang selalu melayani tamu dari mana saja. Kesan awal sangat diperlukan, sehingga tamu juga merasa nyaman," kata Hadi Mulyadi di Ruang Pandurata Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (4/2/2020).

Hadi mengatakan, jika kesan awal baik atau positif, maka siapa saja tamu yang datang akan selalu ingat. Meski pun selama diperjalanan ke daerah ini atau ke kantor ini merasa kurang nyaman, tentunya tertutupi dengan kesan awal yang baik tersebut.

Misal, ketika ada tamu, staf Biro Umum menyambut dengan penuh keramahan dan senyum santun. Juga bisa menyiapkan oleh-oleh seperti amplang atau kue ilat sapi. Artinya, dari kesan awal tersebut orang yang datang ke kantor ini selalu ingat.

"Mungkin nilainya tidak seberapa. Tapi, bagi mereka mungkin itu berkesan. Karenanya bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan profesional serta tulus ikhlas. Meski kerjaan itu berat, apabila dijalani dengan tulus dan ikhlas tentu terasa ringan," jelasnya.

Selain itu, Hadi mengingatkan pentingnya bersilaturrahmi. Karena itu, setiap pegawai harus saling sapa dan senyum. Bangun kekompakan, sehingga pekerjaan terasa lebih mudah.

Kedepan, Hadi berharap Pemprov Kaltim berupaya meningkatkan kesejahteraan pegawai terutama non ASN. Agar semakin sejahtera dan semangat bekerja.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait