Noorbaiti Apresiasi Kerjasama Bankaltimtara dengan Bukalapak, Dorong Percepatan Pembangunan UMKM di Kaltim

Ibu Noorbaiti bersama Komunitas Bukalapak Samarinda

SAMARINDA – Ketua Dekranasda Kaltim Hj Noorbaiti Isran Noor mengapresiasi kerjasama yang dilakukan antara Bankaltimtara dengan salah satu startup unicorn Indonesia, yakni Bukalapak. Penandatanganan perjanjian kerjasama antara kedua pihak dilakukan pada Undian Prama dan Prama IB Bankaltimtara di Atrium Mahakam Big Mall Samarinda, Sabtu (23/03) malam.

“Kerjasama antara Bankaltimtara dengan Bukalapak malam ini (kemarin malam) sangat baik. Masyarakat kita sudah pandai menggunakan handphone/gadget untuk bertransaksi online baik transaksi keuangan maupun jual beli. Masyarakat bisa dapat banyak manfaat,” ucap Noorbaiti.

Noorbaiti kerjasama Bankalatimtara dan Bukalapak maka usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) mendapat fasilitas pinjaman dari bank plat merah. Menurutnya, pola ini sebagai stimulus (pemancing) untuk melaksanakan kegiatannya. “Bukalapak lah yang mensponsori agar UMKM menjual produk-produk mereka diaplikasi ini sehingga tidak jualan di pasar lokal. Ikut bersaing di pasar nasional juga internasional,” kata Norbaiti.

Apalagi, menurut istri orang nomor satu di Benua Etam ini, ditengah sistem transaksi online yang berkembang pesat, masyarakat harus diajak bersama-sama untuk menggunakan smartphone mereka dengan bijak dalam bertransaksi online. “Ini peluang bagus untuk kerajinan khas Kaltim agar bisa bersaing di pasar global. Seperti produk tenun Kutai Barat yang memiliki pasar cukup baik. Tinggal bagaimana Dekranasda kabupaten maupun kota dibantu provinsi membina agar produknya ebih baik lagi,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Noorbaiti, Dekranasda Kaltim berharap kepada bagi Dekranasda kabupaten/kota yang membina UMKM bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan stakeholder terkait. Sehingga percepatan pembangunan UMKM di daerah bisa tumbuh cepat.

“Kami tidak bisa ikut langsung. Tidak boleh intervensi. Itu ranahnya kabuapten dan kota. Kita punya niat bersama-sama meningkatkan kerajinan/kriya. Yang penting kita membina UMKM itu bisa terlaksana. Apalagi milenial sekarang hebat-hebat mampu mengikuti perkembangan informasi teknologi. Hanya tinggal bagaimana mengarahkan mereka,” pungkasnya. (her/yans/fat/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation