Kalimantan Timur
Norbaiti : Kunjungi Lokasi Pengrajin Batik Bontang

dok.adpimkaltim

BONTANG - Ketua Dekranasda Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor beserta Wakil Ketua Hj Erni Makmur didampingi Ketua Dekranasda Kota Bontang Hapidah Basri Rase mengunjungi pengrajin Batik pemenang Dekranasda Award  2021. 

Ada dua lokasi yang dikunjungi yakni Batik Kuntul Perak sebagai juara 1 serta juara favorit Cerita Wastra Kaltim dan Batik Beras Basah oleh Ewied sebagai pemenang Dekranasda Award katagori serat alam. 

Norbaiti mengungkapkan tujuan dari kunjungan ini dalam rangka  mengapresiasi para pengrajin batik di Kaltim, khususnya di Kota Taman, sebagai upaya pelestarian seni, budaya dan kerajinan khas Benua Etam. 

"Terus di lestarikan dan dikembangkan, inovasi dan kreativitas para pengrajin agar batik Kaltim khususnya juga batik yang ada di Bontang ini bisa dapat terus dikenal di seluruh penjuri nusantara, bahkan go international," harap Norbaiti. 

Sebagai informasi, Batik Kuntul Perak yang bercorak burung Kuntul yang banyak dijumpai di Kota Bontang, memiliki filosofi melambangkan keindahan burung Kuntul, sebagai pencermin masyarakat Bontang yang pekerja keras, ceria dan berpikiran terbuka. 

Sedangkan batik Beras Basah, motifnya selain menggambarkan nilai dan kepercayaan tradisional,  juga mencerminkan berbagai hal yang ada di lingkungan sekitar, seperti alam, flora dan fauna. 

Adapun bahan pewarna untuk menghasilkan komposisi warna yang indah diperoleh dari ekstraksi daun, kulit buah, kulit pohon atau umbi-umbian yang juga berasal dari sekitar tempat tinggal pengrajin batik. (tya/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Dekranasda Kaltim Award
Dekranasda Kaltim Award

26 Oktober 2020 Jam 10:51:16
Dekranasda

Dekranasda Award
Dekranasda Award

10 Oktober 2020 Jam 00:31:11
Dekranasda

Dekranasda Award
Dekranasda Award

10 Oktober 2020 Jam 00:31:11
Dekranasda

Lestarikan Kearifan Lokal
Lestarikan Kearifan Lokal

16 April 2021 Jam 19:42:07
Dekranasda

Government Public Relation