Kalimantan Timur
Norbaiti : Mari Berdamai dengan Covid-19

Foto : Hj Norbaiti Isran Noor menyapa para lansia saat peringatan Hari Kesehatan Nasional di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda, Kamis kemarin. (Samsul Arifin/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2020, Rabu (12/11/2020) juga digelar di UPTD Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Nirwana Puri Samarinda.   Acara dihadiri Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor dan Kepala Dinas Sosial Kaltim HM Agus Hari Kesuma, serta para lansia yang dirawat di PSTW Nirwana Puri dan sejumlah organisasi lainnya.  

 

 

Memanfaatkan momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional yang masih diselimuti pandemi Covid-19, Norbaiti Isran Noor menyerukan kepada masyarakat Kaltim untuk berdamai dengan Covid-19.

 

“Saat ini kita harus berdamai dengan Covid-19.  Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus bisa berdamai dengan virus corona. Sebab kita tidak tahu, virus corona itu kapan selesainya,” seru Norbaiti.

 

Maksud kata berdamai itu, bahwa  aktivitas ekonomi dan sosial bisa dilakukan, namun harus dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Istri Gubernur Kaltim H Isran Noor itu lalu mengatakan, Covid mungkin ada di sekitar kita, tetapi jika masyarakat patuh dengan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan), maka mereka tidak akan terpapar.    

 

“Di sini juga bisa ada Covid. Biar saja Covid jalan sendiri, kita jalan sendiri. Caranya dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat. Kalau kita hidup bersih, jarang penyakit mau masuk,” ucap Norbaiti.

 

“Sekali lagi, hari ini kita harus berdamai dengan Covid-19. Karena Covid-19 itu ciptaan Allah dan kita tidak boleh berhenti (beraktivitas) hanya karena Covid itu,” tegasnya. 

 

Satu lagi pesan Norbaiti, harus disadari bahwa virus corona adalah ciptaan Allah SWT, Tuhan  Yang Maha Kuasa. Karena itu, harus dihadapi dengan tabah.  Jika kita yakin kepada Allah SWT, Tuhan Sang Maha Pencipta, maka kita akan memahami wabah ini adalah ujian yang pasti menyimpan  hikmah luar biasa. Salah satunya adalah bertambahnya waktu berkumpul bersama keluarga. 

 

“Sebelum ada Covid, waktu berkumpul bersama keluarga sangat sedikit. Setelah ada Covid, waktu bersama keluarga bisa lebih banyak. Itu hikmah luar biasa. Kebersamaan bersama keluarga itu harta yang paling mahal,” tegas Norbaiti lagi. 

 

Peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini mengusung tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”. Kegiatan juga dirangkai dengan bakti sosial, kampanye penggunaan masker dan pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM) bagi para lansia yang dirawat di PSTW Nirwana Puri. Norbaiti Isran Noor juga berkesempatan mengunjungi para lansia langsung di kamar-kamar mereka, sekaligus melihat dan memborong hasil-hasil kerajinan tangan para lansia. (sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait