Norbaiti Tanam Pohon. Minta Generasi Muda Galakkan Kriya Kaltim

Norbaiti Tanam Pohon.

SAMARINDA – Sekitar pukul 15.30 Wita, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor menanam pohon di Halaman Kantor Dekranasda Kaltim, Senin (14/10/2019). 

Pohon yang ditanam jenis buah-buahan yaitu Mangga, Rambutan dan Kelengkeng. Sore itu, matahari masih menampakkan teriknya. Dengan tetesan peluh, Norbaiti terus mencangkul tanah untuk menimbun lubang pohon yang ditanamnya

“Setumat lagi, nanggung, alang-alang. Tuntungkan dulu sampai selesai,” tutur Norbaiti sambil terengah-engah.

Norbaiti berharap dengan penanaman pohon ini dapat  berkontribusi terhadap lingkungan. Meski tidak berdampak besar, tapi setidaknya mampu menghijaukan lingkungan sekitar.

"Mungkin ini kegiatan biasa, tapi menurut kami ini sangat besar manfaatnya apabila pohon ini sudah tumbuh besar. Pohon ini bisa memberikan oksigen yang bermanfaat. Walaupun manfaatnya belum bisa dirasakan sekarang,” tutur Norbaiti.

Apalagi, lanjut dia, pohon yang ditanam adalah buah-buahan. Ketika pohon sudah berbuah maka akan bermanfaat dan bisa dinikmati. Dia berharap, pohon yang ditanam bisa berbuah lebat nantinya.

“Mudah-mudahan pohonnya bisa hidup terus. Kalau ada yang mati, kita sulam saja. Jadi ada terus tanamannya,” ujar dia.

Norbaiti berharap kegiatan Dekranasda yang akan datang tentu saja ingin semua kriya dan kerajinan di Kaltim berkembang pesat. Tentu saja harus dengan kerja keras dan dukungan rekan-rekan yang baru dilantik. 

“Semua kriya-kriya ini dipersiapkan untuk menyambut tamu-tamu kita yang datang ke Kaltim. Tahu sendiri bahwa persiapan untuk ibu kota Negara (IKN) itu tidak bisa kita anggap remeh. Itu pasti akan terjadi. Jadi kita harus mempersiapkan diri dari sekarang mulai dari anak muda hingga orang tua,” ujar dia.

Dia mengimbau anak muda untuk mencintai kriya Kaltim. Kriya atau kerajinan ini sangat bermanfaat dan membutuhkan anak muda yang kreatif. Leader kerajinan di Kaltim ini semuanya harus anak muda. 

“Kriya ini bisa menjadi mata usaha atau peluang yang menjanjikan. Apalagi jika dibuat dengan bagus dan rapi,” ujar dia.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Disperindagkop Fuad Asaddin, Bendahara Dekranasda Kaltim Ir Asmirilda MP, anggota PKK Kaltim, BKOW, Perwosi Kaltim, Dinas Pariwisata Kaltim, OJK dan UPT Metrologi.(yuv/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation